Dishut Kaltim Gelar Rakor Penyuluhan Kehutanan

Kegiatan diikuti 44 Orang Penyuluh Se-Kaltim

0 180
DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui bidang Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Hutan (PPMH) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyuluh Kehutanan, Selasa (10/11/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Horison itu diikuti oleh 44 orang Penyuluh Kehutanan yang tersebar Kaltim, acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kehutanan Amirullah.

Sugino Kasi Penyuluh Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur dan sekaligus panitia penyelenggara kegiatan dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut dibagi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan hari Selasa sampai Rabu, sedangkan gelombang kedua akan berlangsung hari Kamis.

“Rakor pertama diselenggarakan pada Selasa (10/11/2020) untuk gelombang pertama, dengan tema Optimalisasi Pembangunan Sektor Kehutanan dengan dukungan Penyuluh Kehutanan, dan kegiatan akan dilanjutkan pada Kamis untuk gelombang kedua dengan tema Peningkatan Kapasitas Pendampingan Bagi Penyuluh Kehutanan,” ujar Sugino dalam sambutannya.

Sugino menjelaskan, tujuan rapat koordinasi tersebut yakni untuk membentuk dan menumbuhkan solidaritas program dan kegiatan pembangunan penyuluhan antara pusat dan daerah, serta meningkatkan efektivitas penyelenggaraan program dan kegiatan Penyuluhan Kehutanan di Kalimantan Timur.

Baca juga : Dishut Kaltim Sosialisasi Penanganan Pasca Kebakaran di Muara Badak

“Peserta rapat koordinasi Penyuluh Kehutanan diikuti oleh Penyuluh Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur yang berasal dari 20 UPTD KPHP, KPL, dan Tahura yang keseluruhannya berjumlah 44 orang, ditambah Penyuluh Kehutanan Kementerian LHK yang ada di Kaltim berjumlah 2 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan program dan kegiatan Penyuluh Kehutanan di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Sugino menambahkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya dari Pusat Penyuluhan Kehutanan Kementerian Hidup dan Kehutanan, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Kalimantan, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan. Dan pemateri yang terakhir dari Biro Humas Pemprov Kaltim Inni Indarpuri yang akan memaparkan tentang Penulisan Karya Tulis ilmiah bagi Penyuluh Kehutanan.

Baca juga : Dishut Kaltim Gelar Temu Teknis Kelompok Tani Hutan

“Selain mendapatkan materi, peserta Rakor juga akan melakukan penelitian lapangan yang akan dilaksanakan di Kota Bontang untuk melihat pengelolaan Mangrove, hal itu dilakukan untuk menginspirasi Penyuluh Kehutanan untuk tetap berkarya,” tandasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 28 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!