Bimtek Lanjutan Perkenalkan Sidalih 4.0 Digelar KPU Balikpapan

Yan : Kualitas Data Itu Ditentukan dari Sekarang

0 46
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, kembali menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) lanjutan memperkenalkan Aplikasi Data Pemilih atau Sidalih 4.0 yang digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikppan, Selasa-Rabu (28-29/7/2020).

Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan Bimtek Sidalih 4.0 yang dilaksanakan pada 22-23 Juli lalu. Pada kegiatan Bimtek Sidalih 4.0 yang digelar selama dua hari ini, untuk hari pertama diikuti Ketua dan Operator Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Operator Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah.

Sedang untuk hari Kedua diikuti peserta dari Ketua dan operator PPK dan Operator PPS dari Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Utara dan Kecamatan Balikpapan Kota.

Menurut Koordinator Divisi Data dan Informasi Yan Fauzi, tujuan dari kegiatan ini agar para operator PPK lebih faham yang seharusnya dilakuan. Begitu pula untuk Operator PPS faham dan mengerti apa yang seharusnya dilakukan sebelum data masuk ke Sidalih.

“Jadi data itu dimulai dari sekarang ini. Sebab kualitas data itu ditentukan dari sekarang. Jadi nanti ketika DPT terbit, sudah bersih dan sudah berkualitas. Jadi tidak ada lagi orang-orang yang seharusnya mencoblos, tetapi namanya tidak ada di DPT, ” jelas Yan.

Untuk PPDP sendiri, kata dia lebih lanjut, sampai dengan saat ini masih terus berjalan hingga 13 Agustus mendatang.  Untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dari rumah ke rumah di wilayahnya masing masing, akan tetapi bagi PPDP yang sudah melakukan Coklit hanya tinggal menyetor ke PPS.

“Untuk hasil kerja PPDP ini selanjutnya diinput ke Form AB KWKnya PPS. Itu dasarnya nanti pemutakhirannya dilaporkan ke Sidalih,” jelasnya lebih lanjut.

Usai melakukan Coklit nanti, PPK dan PPS itu akan mengadakan pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran atau DPHP.

“Setelah PPK dan PPS melaksanakan pleno DPHP. Nanti setelah diplenokan di tingkat PPK dan PPS, maka kita akan plenokan lagi di tingkat kota yang hasilnya jadi DPS atau Daftar Pemilih Sementara,” tandasnya.

Pemilihan Wali Kota Balikpapan akan digelar pada hari Rabu, 9 Desember 2020. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!