Beri Rasa Aman Jelang Lebaran, Dishub Gelar Tes Urine

0 74

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, bekerja sama dengan Polres, Kodim 0913, Jasa Raharja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan inspeksi kelayakan kendaraan (Ramp check), Kamis (31/8/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan angkutan lebaran, yang dilaksanakan di 2 lokasi sekaligus. Masing-masing Dermaga Speed Boat Penajam dan terminal angkutan umum kilometer 01 Penajam.

Hadir juga dalam kegiatan ini Dandim 0913 PPU, Letkol Dwi Imam Subagyo, Kapolres PPU, AKBP Teddy Ristiawan, Wakapolres PPU, Kompol Nina Ike Herawati dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab PPU.

Kegiatan Ramp check ini kata Kepala Dinas Perhubungan PPU, Adi Irawan, bertujuan untuk mengecek langsung kondisi fisik baik Speed Boat maupun kendaraan roda empat yang merupakan angkutan umum, angkutan Desa, kendaraan antar Kota, antar Provinsi maupun antar Kabupaten yang ada di Kabupaten PPU.

“Kegiatan ini kami laksanakan secara gabungan yang melibatkan langsung Kodim 0913 PPU, Kapolres, Jasa Raharja dan BPBD Kabupaten PPU,” kata Adi Irawan.

Ditambahkan Adi Irawan, kegiatan Ramp check tersebut dilaksanakan menjelang perayaan dan libur panjang Hari Raya Idul Adha 1438 H 2017 di Kabupaten PPU. Dipilihnya Dermaga Speed Boat, lanjutnya, karena untuk Dermaga Klotok PPU sendiri telah dilakukan kegiatan yang sama beberapa waktu sebelumnya.

“Pada intinya kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna transportasi yang ada, baik di Laut maupun di Darat,” ujarnya.

Sementara dalam rangkaian kegiatan yang sama, pihak Kepolisian juga melakukan razia kepada pengemudi baik motoris Speed Boat maupun para supir angkutan umum, dengan melakukan tes urine di 2 lokasi tersebut.

Di sela-sela kegiatan ini Wakapolres PPU Kompol Nina Ike Herawati mengatakan, sasaran yang dipilih adalah memang diutamakan kepada fungsi pelayanan publik kepada masyarakat umum, khususnya kepada para pengemudi kendaraan di Darat maupun motoris Speed Boat di Laut menjelang perayaan Idul Adha 1438 H 2017 ini. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten PPU.

“Pemeriksaan dan tes urin ini dilakukan fokus pada pengemudi kendaraan angkutan umum Darat maupun Laut yang membawa para penumpang. Mereka memiliki tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan pekerjaannya, sehingga pengguna jasa baik di Darat maupun Laut dapat merasa aman dan nyaman,” jelasnya.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan melalui tes urine kepada para supir angkutan umum dan motoris Speed Boat tersebut, kata Nina Ike Herawati, telah ditemukan sebanyak 6 orang terbukti positif. Masing-masing 5 orang motoris Speed Boat dan satu orang supir angkutan umum di Terminal Penajam.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna jasa transportasi, baik di Laut maupun Darat di wilayah PPU. Hasil pemeriksaan ini selanjutnya akan diserahkan ke Polsek Penajam untuk ditindak lanjuti,” tandasnya. (Humas6/LVL)

(Visited 12 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!