82 Persen Penghuni Lapas Tenggarong Akibat Narkoba

0 61

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Kabar miris datang dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur terkait tindak kriminal. Penghuni  Lapas Kelas IIB tersebut ternyata paling banyak akibat kasus Narkoba.

Hal ini dibeberkan Kepala Lapas Tenggarong M Ikhsan melalui Kepala Pengamanan Lapas Wahyu M Sholeh, Kamis (4/8/2016) pagi kepada Wartawan DETAKKaltim.Com di Tenggarong.

“Napi dan tahanan yang tersangkut kasus Narkoba tercatat 800 orang, atau 82 persen dari penghuni Lapas tercatat 1.200 orang,” bebernya.

Ia mengatakan, Napi tersebut masih di usia produktif. Mereka terdiri atas pria dan wanita.

“Ada 83 orang dari 800 orang tersebut yang masih karantina,” imbuhnya.

Wahyu mengatakan, warga binaan Lapas akibat tersangkut kasus Narkoba paling menonjol dibandingkan dengan kasus-kasus lainnya.

Menurutnya, kondisi itu memerlukan perhatian, kewaspadaan dan pembinaan yang lebih serius dari petugas Lapas, maupun peran serta masyarakat sekitar Lapas dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Wahyu menjelaskan, kondisi lain yang tidak kalah penting untuk mendapat perhatian menyangkut tingkat hunian yang tergolong padat, yakni 1.200 orang dari kapasitas yang tersedia hanya untuk maxsimal 450 orang.

Kelebihan penghuni dari kapasitas yang tersedia mencapai 750 orang, menjadi salah satu kendala dalam melakukan pembinaan, katanya. (Uli)

 

(Visited 19 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!