2017, Program Cetak Sawah di Kaltim dan Kaltara 4 Ribu Hektar

0 170

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Korem 091/ASN, Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Kaltim dan Distan Provinsi Kaltara adakan rapat evaluasi kegiatan upaya khusus Swasembada Pangan Tahun Anggaran 2016 dan perencanaan kegiatan cetak sawah Tahun Anggaran 2017, di Ruang Yudha Makorem 091/ASN, Selasa (17/1/2017).

Dalam sambutannya, Kasrem 091ASN Kolonel Arh Rikas Hidayatullah mengatakan bahwa pencetakan sawah baru menjadi hal yang sangat penting sebagai upaya peningkatan produksi beras nasional.

Kasrem 091/ASN Kolonel Arh Rikas Hidayatullah (kiri) bersama Ketua Tim Ditziad. (foto:Penrem 091/ASN)

“Untuk merealisasikan program cetak sawah baru tersebut, peran pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten serta TNI AD sangat diharapkan,” katanya.

Kasrem meminta kepada para peserta rapat koordinasi agar komitmen bersama-sama untuk mensukseskan rencana pencetakan sawah, untuk peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sebagai wujud tanggung jawab bersama.

Distan Provinsi Kaltim Farid Wahdi menjelaskan bahwa, program cetak sawah Tahun Anggaran 2017 untuk lokasi di wilayah Kabupatern PPU, tidak dapat dilaksanakan karena pertimbangan dan saran masukan dari Distan Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk wilayah lokasi cetak sawah lahan sempit. Sementara yang bisa dilaksanakan kegiatan cetak sawah di wilayah Kabupaten Paser.

Alokasi kegiatan perluasan sawah Tahun Anggaran 2017 sesuai dengan data dari Spaban III/Wanwil Staf Umum Teritorial Angkatan Darat untuk Kalimantan Timur, untuk alokasi 2.000 Ha terbagi dalam  wilayah Kabupaten Berau alokasi 500 Ha, Paser 1.000 Ha dan Kutai Timur 500 Ha. Sedangkan untuk Kalimantan Utara 2.000 Ha yang terbagi  di wilayah Kabupaten Tana Tidung 500 Ha, Bulungan 700 Ha dan Malinau 1.000 Ha.

Distan Provinsi Kaltara Ramadhani menginformasikan bahwa, direncanakan awal bulan Februari 2017 akan dilaksanakan pertemuan rapat koordinasi untuk mempertegas kerjasama (MoU) kegiatan cetak sawah, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU. Dengan pertimbangan di wilayah Provinsi Kaltara untuk pejabat Distan Provinsi Kaltara, Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten KTT masih dalam masa transisi pergantian pejabat, baik Kepala Dinas dan pejabat pengelola kegiatan sehingga membutuhkan waktu untuk kesiapan dalam kegiatan program cetak sawah di wilayah Provinsi Kaltara.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Kasrem 091/ASN, Tim dari Ditziad, Distan Provinsi Kaltim dan Kaltara, Tim SID Unmul Samarinda, Pendamping dari Staf Zidam VI/Mlw dan Staf Ter Korem 091/ASN. (Penrem 091/ASN/LVL).

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!