200 Santri Khatamkan Qur’an 4 Kali Antara Dhuhur dan Ashar

0 38

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Sebanyak 200 santri mengkhatamkan Al-Qur’an hingga 4 kali dalam kurun waktu setelah Shalat Dhuhur hingga menjelang Ashar, pada kegiatan sehari bersama Al-Qur’an baru-baru ini di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Taman Kanak-kanak/Pendidikan Al-Qur’an (LPPTKA) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPMRI) Kukar.

Direktur Daerah LPPTKA Kukar Ihsan Muslim mengatakan, kegiatan yang diikuti 200 santri dari TKA/TPA se Tenggarong itu, selain untuk mengisi Ramadan dengan kegiatan membaca Al-Qur’an, juga merupakan ajang silaturrahim antar santri dan ustaz-ustazah TKA/TPA seluruh Tenggarong.

“Membaca Al-Qur’an adalah ibadah, apalagi di bulan Ramadan ini. Dengan kegiatan itu para santri dan ustaz-ustazah dapat bersiaturahim,”  ujar Direktur Daerah LPPTKA Kukar, Ihsan Muslim, Senin (20/6/2016).

Ihsan mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dengan membagi santri dalam beberapa kelompok yang berisi 4-5 orang santri, yang membacakan tiap-tiap juz Al-Qur`an yang sebelumnya sudah dibagi perkelompok.

“Dengan membagi tiap juz, yang dibacakan 200 orang santri secara berkelompok, sehingga bisa tamat empat kali dalam waktu antara dhuhur dan Ashar,” ujarnya.

Menurut Ihsan, kegiatan yang sama juga dilakukan pada Ramadan tahun lalu. Kegiatan tersebut juga diisi dengan tausiyah dan Buka Puasa bersama, dan Shalat Maghrib berjamaah.

Selian melaksanakan kegiatan sehari bersama Al-Qur’an, LPPTKA  pada Ramadan ini juga menggelar pelatihan ustaz-ustazah, di bebera Kecamatan di Kukar.

Kemudian LPPTKA Kukar menjadwalkan menggelar wisuda akbar bagi santri TKA/TPA se Kukar pada 17 Juli 2016, di Masjid Agungs Sultan Sulaiman Tenggarong. (HA)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!