Komisioner KPU Kaltim Ungkap Sejumlah Kabupaten/Kota Tetapkan DPT

DPT Berau 198.347

0 70

DETAKKaltim.Com, BERAU: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau telah menetapkan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Berau, dalam Rapat Pleno Terbuka di Hotel Bumi Segah, Kamis (19/9/2024).

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT Tingkat Kabupaten pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 menetapkan DPT berjumlah 198.347 pemilih. terdiri dari 106.139 pemilih laki-laki, dan 92.208 pemilih perempuan.

“Untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada sebanyak 475 TPS,” ujar Ketua KPU Berau Budi Harianto.

Budi mengatakan, sebelumnya sudah ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 197.976 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 469 TPS. Menurutnya, memang ada beberapa daftar pemilih yang keluar maupun masuk dalam masa perbaikan.

“Perbaikannya itu di tingkat Kabupaten. Penambahannya tidak banyak, sedikit saja,” ucapnya.

Dikatakan Budi, TPS juga bertambah karena adanya tambahan TPS di Kecamatan Segah sebanyak 5 TPS reguler dan 1 TPS khusus.

“Jadi untuk TPS khusus ada 3 yakni, di Rutan, Kecamatan Tanjung Redeb sebanyak 1 TPS, Tanjung Batu 1 TPS, dan Segah 1 TPS,” tuturnya.

Baca Juga:

Komisioner Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Kaltim Iffa Rosita membenarkan perihal penetapan DPT yang dilakukan oleh KPU Berau.

“Hari ini memang ada sejumlah wilayah Kabupaten/Kota yang melakukan penetapan DPT, seperti Kutai Kartanegara, Bontang, Balikpapan, serta Berau,” ujar Iffa.

Iffa mengatakan, data yang telah ditetapkan tersebut nantinya tidak boleh berubah lagi. Adapun KPU Kaltim, kata dia, akan menggelar Rapat Pleno terbuka penetapan untuk DPT se-Kaltim pada 22 September mendatang.

“DPT yang telah ditetapkan melalui Pleno sudah tidak bisa dirubah lagi, meskipun nama yang tertera dalam Daftar tersebut kemudian tiba-tiba meninggal dunia, itu tidak bisa dicoret lagi alias dikurangi dari daftar yang telah ditetapkan, begitupula dengan data TPSnya.” jelas Iffa.

Pilkada serentak akan digelar, Rabu 27 November 2024. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis/Adv.

Editor: Lukman

(Visited 7 times, 7 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!