Nobar ‘Tepatilah Janji’, KPU Kaltim Edukasi Pemilu Melalui Film

August: Edukasi Pemilu Melalui film

0 488

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur  (Kaltim) menyelenggarakan acara Nonton Bareng (Nobar) film “Tepatilah Janji” yang diproduksi oleh KPU RI, di Bioskop Samarinda Square XXI, Samarinda, Senin (2/9/2024).

Acara tersebut dihadiri jajaran KPU Provinsi Kaltim, KPU Samarinda, serta perwakilan dari KPU RI, August Mellaz, yang merupakan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat.

Hadirin lainnya termasuk berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah hingga Perguruan Tinggi dan sekolah-sekolah di Samarinda.

Dalam sambutannya, August Mellaz mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat Ketua KPU RI yang bertujuan untuk mensosialisasikan Pilkada 2024, serta meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Kali ini mereka ingin menyentuh aspek seni dengan memperkenalkan edukasi Pemilu melalui film. Pendidikan Pemilu biasanya didekati dari sisi ekonomi dan sosial, namun pendekatan budaya seperti ini masih kurang,” ujar August.

Baca Juga:

Ia berharap bahwa melalui film ini, khususnya pemilih pemula dapat lebih sadar akan pentingnya demokrasi yang sehat. Film “Tepatilah Janji” menampilkan realitas di masyarakat serta pesan-pesan mengenai dampak negatif dari politik yang tidak sehat. Ini merupakan pemutaran Kedua, setelah sebelumnya ditayangkan di Sumatera Utara.

Garin Nugroho, produser film “Tepatilah Janji,” menyampaikan bahwa film ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki integritas. Dalam proses pembuatan, Garin bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk KPU, untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pelanggaran yang sering terjadi dalam Pemilu.

Film ini juga dibalut dengan nuansa kekeluargaan, sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Garin berharap film ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada, dan mendorong pemilih pemula untuk tetap kritis dalam mengawal jalannya Pilkada.

“Kami berharap masyarakat tidak mengabaikan Pilkada, karena melalui Pilkada kita dapat memilih pemimpin yang akan menentukan masa depan bangsa.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 25 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!