KPU Balikpapan Selesaikan Tahapan Pemeriksaan Kesehatan Balon Wali Kota-Wawali

Yudho: Akan Menjadi Faktor Penting

0 257

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Tahapan demi tahapa pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Balikpapan telah dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan.

Terbaru, KPU Kota Balikpapan telah menyelesaikan seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan bagi pasangan Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kegiatan tahapan pemeriksaan kesehatan ini ditutup, Senin (2/9/2024) dengan pemeriksaan rohani Balon Rahmad Mas’ud dan Bagus Susetyo di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo. Sedangkan pemeriksaan jasmani telah selesai dilaksanakan sehari sebelumnya.

Prakoso Yudho Lelono, Ketua KPU Balikpapan menjelaskan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses Pilkada.

Aspek jasmani dan rohani yang diperiksa, kata Yudho, tidak hanya untuk memenuhi persyaratan formal, tetapi juga untuk memastikan kesiapan fisik dan mental para calon dalam menghadapi tanggung jawab kepemimpinan.

“Hasil dari pemeriksaan ini, akan menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan final KPU,” kata Yudho.

Baca Juga:

Minggu (1/9/2024) ,pasangan Balon Rendy Susiswo Ismail-Eddi Sunardi telah menjalani pemeriksaan rohani, setelah sebelumnya keduanya menyelesaikan pemeriksaan jasmani.

Sedangkan pasangan Sabani-Syukri Wahid menyelesaikan seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan, Jum’at (30/8/2024).

Hasil pemeriksaan kesehatan ini, lanjut Yudho, akan diterbitkan RSUD Kanudjoso Djatiwibowo, Selasa (3/9/2024). Hanya saja, hasil ini bersifat rahasia dan tidak diwajibkan untuk diumumkan kepada publik.

“Jika ada temuan krusial, Tim Medis akan memberikan rekomendasi kepada KPU,” jelas Yudho lebih lanjut.

Menurutnya, rekomendasi dari Tim Medis akan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam penetapan pasangan calon yang rencananya akan diumumkan, Senin (22/9/2024).

Ia juga mengungkapkan, Tim Medis yang dilibatkan dalam pemeriksaan ini dipilih berdasarkan keahlian dan profesionalisme, sehingga hasil pemeriksaan dapat dipastikan obyektif sesuai standar medis.

KPU Balikpapan juga tengah memproses verifikasi berkas administrasi dari setiap pasangan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, untuk memastikan semua persyaratan administrasi terpenuhi sebelum memasuki tahapan berikutnya, dijadwalkan selesai Rabu (4/9/2024).

“Proses ini mencakup verifikasi ijazah dan dokumen administrasi lainnya,” kata Yudho lebih lanjut.

Untuk hasil verifikasi administrasi diharapkan dapat diumumkan, Kamis (5/9/2024). Apa bila ada kekurangan dalam persyaratan administrasi, pasangan Balon diberi waktu hingga, Senin (8/9/2024) untuk melakukan perbaikan.

“Segala kekurangan, harus segera dilengkapi dalam waktu yang ditentukan.” tandas Yudho. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Roni S

Editor: Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!