KPU Kukar Terima Pendaftaran 2 Bapaslon

Awang Yacob Luthman-Akhmad Zais dan Edi Damansyah-Rendi Solihin

0 424

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Berdasarkan jadwal yang telah diatur dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Rabu, (28/8/2024) merupakan hari Kedua untuk proses tahapan pendaftaran bagi Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar ) tahun 2024, yang telah dimulai sejak 27 Agustus kemarin.

Kehadiran masing-masing Bapaslon disambut Ketua KPU Kukar Rudi Gunawan beserta jajaran Komisioner KPUD Kukar, dan Ketua Bawaslu Kukar Teguh Wibowo beserta jajaran.

Ketua KPUD Kukar Rudi Gunawan setelah menerima berkas Bapaslon yang kedua, yaitu Bapaslon Edi dan Rendi mengungkapkan hari ini KPUD Kukar sudah menerima berkas administrasi dua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yang akan berkompetisi pada Pilkada Serentak Tahun 2024 di Bulan November nanti.

“Bapaslon yang mendaftar hari ini yaitu Awang Yacob Luthman-Akhmad Zais, mereka melakukan pendaftaran sekitar Pukul 09:00 Wita. Kemudian Edi Damansyah dan Rendi Solihin Pukul 14:00 Wita. Dan semuanya sudah kami laksanakan sesuai prosedur, dan dokumen sudah kami terima,” ujar Rudi saat diwawancarai awak media seusai menerima berkas 2 Bapaslon di kantor KPUD Kukar, Rabu (28/8/2024).

Baca Juga:

Rudi memastikan bahwa semua rangkaian pendaftaran kedua Bapaslon telah dilaksanakan secara tertib, aman dan semua sesuai prosedur. Ia juga menyebutkan untuk pendaftaran Bapaslon akan berakhir, Kamis (29/8/2024) tepat Pukul 23:59 Wita.

“Jadi besok masih pendaftaran sampai Pukul 23.59 Wita, jadi itu perlu dipedomani bersama,” kata Rudi.

Dari masing-masing Bapaslon yang mendaftar hingga detik ini, lanjut Rudi, semua berkas lengkap.

“Besok akan ada tahapan pemeriksaan kesehatan bagi kedua Bapaslon, yang sudah mendaftar ini. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang,” ujar Rudi lebih lanjut.

Rudi mengungkapkan, dari pihak RS menyebutkan pemeriksaan akan dimulai Pukul 06:30 Wita. Dan akan memakan waktu sekitar 11-12 Jam.

“Arahan dari pihak RS masing-masing calon harus berpuasa 1 hari sebelum pemeriksaan, mulai Pukul 22:00 malam. Adapun jenis pemeriksaan mulai dari fisik, jiwa, hingga status penggunaan obat-obatan,” sambungnya.

Rudi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah setia mengawal proses pendaftaran, sejak pagi hingga sore hari. Kepada pihak keamanan Polres Kukar, awak media dan pihak-pihak yang saling menjaga ketertiban sehingga pendaftaran Bapaslon berjalan kondusif. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 24 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!