Pendaftaran Bacalon Bupati-Wakil Bupati Kukar Jalur Parpol Segera Dibuka

Rahman: Parpol Nanti Dapat Mendaftarkan Bapaslon

0 450

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal membuka pendaftaran calon pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, yang diusung Partai Politik (Parpol) pada 27-29 Agustus 2024.

Terkait pendaftaran calon pasangan Bupati dan wakil Bupati yang akan diusung partai politik, Komisioner KPU Kukar Divisi Teknis Penyelenggaraan Muhammad Rahman mengatakan, persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 tahun 2024 diantaranya batas usia minimal 30 tahun, bebas Narkotika, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah terlibat pidana, serta tidak dicabut hak pilihnya.

“Parpol nanti dapat mendaftarkan Bapaslon yang mereka usung, jika memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan itu,” kata Muhammad Rahman, Senin (19/8/2024).

Selain administratif, kata Rahman, syarat lainnya harus diperhatikan, seperti visi dan misi Bapaslon harus sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kukar 2025-2045.

“Persyaratan itu kita berlakukan untuk semua Bapaslon, baik yang diusung Parpol maupun Bapaslon independen,” sebutnya.

Baca Juga:

Rahman mengimbau Bapaslon yang telah diusung oleh Parpol, untuk mendaftarkan pencalonannya secara tepat waktu dengan membawa persyaratan secara lengkap.

Sebelumnya, KPU Kukar telah menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Awang Yakob Luthman-Ahmad Saiz melalui jalur Perseorangan dalam Surat keputusan No.1110 tahun 2024, tentang Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur Perseorangan.

Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara akan digelar, Rabu 27 November 2024. Pemilihan tersebut bersamaan dengan Pemilihan Kepala Daerah yang digelar KPU, secara bersamaan di seluruh Indonesia.(DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 23 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!