PPK Balikpapan Barat Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP

Total Pemilih 68.902 Tersebar di 130 TPS

0 446
Ketua KPU Balikpapan Prakoso Yudo Lelono. (foto: Rony)
Ketua KPU Balikpapan Prakoso Yudo Lelono. (foto: Rony)

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Seiring perjalanan waktu, Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan yang akan digelar, Rabu 27 November 2024 kian dekat.

Di Balikpapan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama perangkat di bawahnya terus melakukan persiapan sesuai tahapan-tahapan yang telah ditetapkan.

Perkembangan terbaru, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Balikpapan Barat menggelar Rapat Pleno Terbuka dalam rangka penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) di Aula Kecamatan Balikpapan Barat, Rabu (7/8/2024).

“Hari ini, di Kecamatan Balikpapan Barat dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran, yang mana itu adalah hasil dari Coklit atau pemutakhiran data yang dilakukan Pantarlih PPDP mulai tanggal 24 Juni sampai 24 Juli yang ditetapkan hari ini menjadi DPHP dari enam Kelurahan di Balikpapan Barat,” jelas Ketua KPU Balikpapan Prakoso Yudo Lelono.

Pelaksanaan Rapat Pleno ini, jelas Yudo, berjalan dengan lancar tanpa ada tanggapan dan sanggahan yang berarti sehingga hasil ini akan dibawa ke Rapat Rekapitulasi Pleno Terbuka tingkat Kota Balikpapan yang akan dilaksanakan tanggal 11 Agustus 2024.

Lebih lanjut  Yudo menjelaskan, data ini memang dinamis yang didapatkan dari Capil dan Kementerian Dalam Negeri. Apa lagi setelah ditetapkan lokasi khusus, dimana di Balikpapan ada dua yaitu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) sehingga jumlahnya pasti bergeser.

Kendati demikian, Yudo menegaskan KPU Balikpapan dan Badan Adhoc di bawahnya di tingkat Kecamatan dan Kelurahan memastikan akan memberikan data pemilih yang akurat dan valid, agar mereka dapat menggunakan hak suaranya.

Menjawab pertanyaan awak media mengenai perubahan data ke depan, Yudo menjelaskan, ini belum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga akan ditampung.

Masih menjawab pertanyaan awak media, Yudo menjelaskan, hari ini merupakan hari terakhir bagi 6 Kecamatan di Balikpapan untuk melaksanakan Rapat Pleno Terbuka penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP).

“Insya Allah rampung, tanggal 7 ini terakhir,” kata Yudo.

Baca Juga:

Pada Rapat Pleno tersebut, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Balikpapan Barat M Muchlis membacakan hasil Coklit di Kelurahan Balikpapan Barat.

Untuk Kelurahan Baru Ilir, terdapat 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah Pemilih 13.146 terdiri dari pemilih laki-laki 6.677 dan perempuan 6.469.

Di Kelurahan Baru Tengah, terdiri dari 32 TPS. Jumlah Pemilih 15.762 terdiri dari pemilih laki-laki 8.056 dan perempuan 7.706.

Di Kelurahan Baru Ulu, terdapat 30 TPS. Jumlah pemilih 15.640 terdiri dari pemilih laki-laki 8.007 dan perempuan 7.633.

Di Kelurahan Karingau, terdapat 9 TPS. Jumlah pemilih 5.144. Pemilih laki-laki 2.808 sedangkan perempuan 2.336.

Di Kelurahan Margo Mulyo, terdapat19 TPS. Jumlah pemilih 10.545. Pemilih laki-laki 5.299 sedangkan pemilih perempuan 5.246.

Di Kelurahan Marga Sari, terdapat 6 TPS. Jumlah pemilih 8.665. Pemilih laki-laki sebanyak 4.399 dan perempuan 4.266,

Jumlah TPS di Balikpapan Barat sebanyak 130. Pemilih laki-laki berjumlah 35.246 dan pemilih perempuan sebanyak 33.656 sehingga totaknya 68.902 pemilih. (DETAKKaltim.Com/ADV)

Penulis: Roni

Editor: Lukman

(Visited 32 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!