Skema Kotak Kosong dan Regenerasi Pemimpin di Mata KPU Kaltim

Fahmi: Tidak Perlu Berpikir Terlalu Jauh Dulu

0 428

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) Fahmi Idris, telah mengumumkan jadwal dan persiapan penting terkait Pemilihan Kepala Daerah yang akan datang.

Setelah masa kampanye berakhir, pemungutan suara dijadwalkan pada 27 November 2024. Fahmi menekankan pentingnya peran aktif dari semua pihak, terutama media, dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kami sangat berharap media dapat menjadi pelopor dalam menyebarkan informasi ini, karena menyangkut masa depan pembangunan Kalimantan Timur,” ujar Fahmi di Hotel Mercure, Jum’at (2/8/2024).

Fahmi juga menggarisbawahi pentingnya menjaga situasi tetap kondusif, selama proses pemilihan. Ia mengingatkan bahwa pemilihan Kepala Daerah serentak ini bukan hanya soal memilih pemimpin, tetapi juga memperkuat solidaritas di masyarakat.

Oleh karenanya, Pilkada serentak ini menurutnya harus menjadi momen untuk memperkuat konsolidasi di masyarakat.

“Kita harus memastikan bahwa siapapun yang terpilih, Kalimantan Timur tetap kondusif dan tidak terpecah belah,” tegasnya.

Baca Juga:

Menanggapi pertanyaan tentang kepemimpinan generasi muda, sebab dari PKPU yang saat ini mengizinkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur berusia minimal 30 tahun, termasuk calon Bupati dan Wali Kota dengan usia 24 tahun, ia menjelaskan bahwa usia minimal yang ditetapkan adalah syarat dasar.

“Itu hanyalah syarat minimal,” katanya, sembari menekankan bahwa yang terpenting adalah kemampuan dan visi para calon, bukan hanya usia mereka.

Mengenai kemungkinan skenario kotak kosong dan persiapan KPU Kalimantan Timur, Fahmi menyarankan agar tidak terlalu khawatir akan hal tersebut.

“Kita tidak perlu berpikir terlalu jauh dulu, yang penting kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 66 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!