Politisi PKS Kutim Minta Pemkab Serius Tangani Sampah

Agusriansyah: Perlu Adanya Komitmen Yang Kuat

0 283

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Meski Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) sudah melakukan berbagai terobosan dalam pengelolaan sampah, namun sampai sekarang belum membuahkan hasil yang signifikan.

Guna mengatasi ha tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim Agusriansyah Ridwan mengatakan, sudah seharusnya pengelolaan sampah masuk dalam program Rencana Pembangunan Jangka Panjang maupun Menengah Daerah (RPJPD).

Menurutnya, pengelolaan sampah menjadi salah satu pelayanan dasar masyarakat yang wajib dilakukan oleh  pemerintah. Ia melihat berbagai konsep pengelolaan sampah khususnya di wilayah perkotaan sudah pernah diterapkan, namun belum membuahkan hasil.

“Menurut saya, ini menjadi kebijakan dasar yang harus dipikirkan idenya untuk dijalankan. Dan itu sudah ada. Namun dari beberapa skema yang dijalankan belum ada yang sukses, bahkan menggandeng coorporate termasuk lahan yang sudah disiapkan, ini yang masih perlu dipikir ulang,” ujarnya saat ditemui, Kamis (18/7/2024).

Baca Juga:

Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kutim ini menyebut, seharusnya pemerintah daerah menempatkan program pengelolaan sampah masuk dalam program Rencana Pembangunan Jangka Panjang maupun Menengah Daerah (RPJPD).

“Karena persoalan sampah ini tidak bisa dipikirkan hanya dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) saja. Harusnya masuk dalam program jangka panjang atau minimal Multy Years, yang sudah jelas penganggaranya,” imbuhnya.

Politisi Partai Keadilsan Sejahtera (PKS) ini meminta agar pemerintah menaruh perhatian secara serius, terhdap persoalan penanganan sampah di Kabupaten yang sebentar lagi berusia 24 tahun ini.

“Perlu adanya komitmen yang kuat untuk bisa segera menyelesaikan persoalan sampah, yang semakin hari kian mengkhawatirkan.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV DPRD Kutim

Editor: Lukman

(Visited 265 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!