Pemkab Kukar Rencanakan Bangun Pabrik Pakan Ternak

Sayid: Jumlah Pembudidaya Ikan Air Tawar Sekitar 40 Ribu

0 17

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah merencanakan pembangunan kawasan industri khususnya pakan ternak di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kukar.

Saat ini program tersebut telah memasuki tahap perencanaan. Sementara, luasan pembangunan pabrik itu nantinya sekitar 1 hektare.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag) Kukar Sayid Fathullah, Jum’at (28/6/2024).

Dikatakannya, pembangunan Pabrik Pakan Ternak di Sumber Sari telah melalui kajian dari ,Fakultas Perikanan Universitas Mulawarman (Unmul). Pembangunan itu akan dimulai pada 2025 mendatang.

“Sudah selayaknya Pabrik Pakan Ternak itu dibangun, mengingat jumlah Pembudidaya Ikan Air tawar kita sekitar 40 ribu se-Kukar,” kata Sayid.

Baca Juga:

Dijelaskannya, rencana pembangunan pakan ternak bagian dari langkah Pemerintah Daerah, dalam mendukung Sektor Perikanan atau Peternakan. Selama ini Peternak atau Pembudidaya Ikan mengalami keluhan biaya operasional yang tinggi, khususnya dalam pembelian pakan ternak.

Sementara harga jual ikan, masih pada angka tetap seperti biasanya. Sehingga keuntungan yang diperoleh Peternak sangat menipis. Maka hal itu membuat Pemkab Kukar semangat untuk membangun Pabrik Pakan Ternak.

“80 persen bahan baku pembuatan pakan ternak kita miliki, mungkin sisanya butuh pendukung dari luar,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan Pabrik Pakan Ternak dinilai dapat menekan biaya operasional hingga 30 persen. Sehingga mereka masih dapat keuntungan yang layak, dalam menjalankan usaha tersebut.

“Peran pemerintah ini memfasilitasi masyarakat, Pemerintah Daerah membantu masyarakat secara langsung seperti bantuan lainnya tapi dengan membangun Pabrik Pakan Ternak,” ungkapnya.

Pembangunan Pabrik Pakan Ternak merupakan sektor hilirisasi, yang menjadi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026. Hal ini bagian upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Sayid berharap, pembangunan Pabrik Pakan Ternak nantinya bisa berjalan dengan lancar. Dan bisa menberikan manfaat kepada masyarakat Kukar, khususnya Pembudidaya Ikan atau Peternak. (DETAKKaltim.Com/Adv. Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!