Komunitas UMKM Ranting Melati Terima Bantuan PLN NP UPDK Balikpapan

Setyaningsih: Saya Merasa Sangat Senang

0 35

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: PLN Nusantara Power UPDK Balikpapan memberikan bantuan pemberdayaan kepada komunitas UMKM Ranting Melati Teritip, berupa peralatan produksi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produk olahan mereka. Bantuan ini diberikan langsung di PLTD Batakan, Senin (3/6/2024).

Komunitas ini merupakan salah satu yang disasar PLN NP UPDK Balikpapan dari 3 komunitas yang diberi bantuan, yang mana ada 2 komunitas UMKM dan 1 Yayasan Rumah Singgah Kanker Anak.

“Tujuan kita untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM. Mereka juga mengeluhkan peralatan yang mungkin sudah tidak layak. Kita membantu dari sisi penyediaan peralatannya,” kata Riski selaku Asman Keuangan dan Umum PLN NP UPDK Balikpapan.

Riski menjelaskan, untuk pelaku UMKM dari Ranting Melati sendiri ada 15 UMKM yang sebagian besar komunitas ini bergerak di Bidang Produksi Makanan. Berharap dari kegiatan pemberian bantuan ini, PLN bisa terus memberikan manfaat kepada masyarakat jangka panjang tidak hanya untuk saat itu saja.

“Harapan kami, ibarat kata, memberi ikannya saja tapi kami memberikan Pancing dan umpan supaya mereka bisa memancing sendiri ikannya,” jelas Riski.

Baca Juga:

Selain itu pihaknya berharap para pelaku UMKM dapat berkembang terus, bisa berkelanjutan dan bisa mandiri.

“Harapannya juga PLN menjadi pelopor, artinya buat perusahaan lain harapannya memberikan bantuan baik di komunitas yang sama maupun juga di komunitas lain,” pungkasnya.

Dalam penyerahan bantuan ini, juga dihadiri Kepala DKUMKMP Heru Resyandi dan memberikan apresiasi kepada PLN Nusantara Power, dalam program tanggung jawab sosial kepada masyarakat pada tahun 2024.

“Makanya kita dari dinas akan suport terus BUMN ataupun bantuan perusahaan lainnya, untuk membantu setiap UMKM kita. Khususnya kebutuhan alat produksinya dianggap masih kurang, atau belum cukup,” tegas Heru.

Sekretaris Komunitas UMKM Ranting Melati Setyaningsih mengucapkan terima kasih kepada PLN NP UPDK Balikpapan, yang memberikan bantuan kepada komunitasnya berupa peralatan produksi.

“Saya merasa sangat senang dengan adanya bantuan ini. Bantuan alat produksi, yang mana alat ini akan digunakan para anggota untuk melengkapi alat yang sudah ada,” kata Setyaningsih.

Setyaningsih berharap bantuan yang telah diberikan tersebut, bisa meningkatkan jumlah produksi agar bisa memenuhi permintaan konsumen dengan lebih baik.

Setyaningsih menjelaskan, produk yang dihasilkan dari UMKM tersebut diantaranya produk olahan makanan dan juga pupuk organik, yang diharapkan bisa menjadi produk unggulan dan menjadi oleh-oleh yang khas terlebih dengan adanya IKN. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 27 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!