Tambah 1 Warga Kutim Dinyatakan Positif Covid-19

0 57

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Pasien positif COVID-19 terus bertambah di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Hingga Senin (27/4/2020) sudah ada 13 kasus positif. Ada penambahan seorang pasien lagi, yakni KTM 13.

Penambahan itu diperoleh dari hasil Polymerase Chain Reaction (PCR). Bukan dari hasil rapid test. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kutim Bahrani Hasanal saat dikonfirmasi membenarkan hal itu.

“Benar sampai saat ini sudah 13 kasus. KTM 13 merupakan ayah dan mertua dari KTM 9-10 yang sebelumnya juga positif COVID-19,” jelasnya.

Ia menerangkan, KTM 13 berasal dari Klaster Ijtima Gowa yang berkontak erat dengan peserta Ijtima lainnya. Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 50 dari 435 orang. Sisanya sebanyak 385 dinyatakan selesai pemantauan.

Kemudian lanjutnya, dari 31 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 9 telah dinyatakan negatif dan 9 lainnya masih menunggu hasil Swab. Baru 13 yang positif.

“ODP ada 50 orang, PDP yang menunggu hasil Swab 9 orang. Dan 13 positif berdasarkan hasil PCR,” urai Bahrani lagi.

Dari 18 kecamatan di Kutim. Jumlah kasus tambahan dari Kecamatan Muara Wahau menjadi 5 kasus. Sedangkan untuk daerah lainnya, seperti Sangatta Utara ada 5 kasus, Long Mesangat 1 kasus, Kaubun 1 kasus, dan Sangatta Selatan 1 kasus.

Meski jumlah penyebaran kian massif, kata Bahrani, masyarakat diminta jangan panik. Tetap waspada dan hindari kerumunan atau kegiatan yang melibatkan banyak massa. Selain itu terus berperilaku hidup bersih dan sehat.

Termasuk menggunakan masker dan sarung tangan ketika hendak keluar rumah.

“Stay at home, work from home, sering cuci tangan dengan air dan sabun, juga segera ganti pakaian ketika tiba dirumah,” tuturnya. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!