Status ODP, Satu Warga Kutim Diisolasi

0 36

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Seorang warga dari Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) diisolasi di IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga. Pasien demam dengan ciri-ciri mengarah ke suspect Corona itu dikabarkan baru pulang dari daerah yang dinyatakan terpapar Virus Covid 19.

Jumran, Kepala Bidang Pengembangan dan Baku Mutu RSUD Kudungga membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, pasien berjenis kelamin laki-laki itu akan diobservasi dan dipantau secara intensif. Namun sampai hari ini, belum bisa dipastikan status pasien laki-laki itu.

“Kami harus kirim sampel ke Laboratorium Kesehatan di Jakarta dulu. Nanti hasilnya baru dapat diketahui setelah diputuskan pusat. Kalau positif langsung dirujuk ke RS yang sudah ditemukan seperti RSUD Bontang, RSUD AWS Samarinda atau RSUD Kanujoso,” kata Jumran, Rabu (18/3/2020), .

Jumran menjelaskan, pasien itu mengalami gejala awal seperti demam, batuk dan sesak nafas. Yang bersangkuta segera diisolasi dan diambil darahnya sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Lebih lanjut Jumran menjelaskan, petugas memeriksa riwayat perjalanan dari para pasien. Petugas medis masih menetapkan pasien ini sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Sebenarnya bisa pulang pasien ODP. Tapi dia mau dirawat saja di RSUD,” ujarnya. (DK.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!