Samarinda Jadi “Lautan”, Petugas dan Relawan Evakusi Anak Sekolah Hingga Lansia

0 79

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Hujan lebat terjadi dari pagi hari ditambah kondisi banjir sebelumnya yang belum juga surut, membuat Kota Tepian sebutan Samarinda, kembali dikepung menjadi ‘lautan’ dengan ketinggian air yang bervariasi, Selasa (11/1/2020).

Ketinggian air di Griya Mukti mencapai pinggang orang dewasa membuat petugas turun mengevakuasi korban dengan perahu karet. (foto : 1st)

Sedikitnya 7 dari 10 kecamatan di Samarinda yang terpantau media ini mengalami banjir, yaitu Kecamatan Samarinda Utara, Sungai Pinang, Sambutan, Samarinda Ilir,  Samarinda Ulu, Palaran dan Kecamatan Loa Janan Ilir.

Semua unsur yang terkaitpun turun untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, tak ketinggalan para relawan ikut turun membantu mengevakuasi murid-murid SDN di Samarinda. Seperti yang dilakukan relawan Mugirejo Akmaludin, ia mengaku terpanggil untuk melakukan evakuasi kepada murid SDN yang ada di daerah tersebut, baik menggunakan gendogan ataupun perahu.

“Alhmadulilah, saya masih mampu mengevakuasi murid-murid SDN ini. Dan beberapa orang tua murid ikut membantu,” ujarnya.

Di tempat yang lain, petugas Dinas Pemadam Samarinda Hery Suhendra menyebutkan, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda menurunkan unit emergensi di Jalan Damai, Kecamatan Samarinda Ilir.

“Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda (Posko 1) menurunkan unit untuk mengangkut murid-murid SDN yang ada di Jalan Damai,” jelasnya.

Lain halnya yang dilakukan Koordinator Tim Rekasi Cepat BPBD Samarinda Nanang Arifin, dia dan rekannya melakukan evakuasi terhadap orang Lansia di daerah  Perumahan Griya Mukti Samarinda.

“Ya tadi evakusi Lanjut Usia (Lansia) nenek-nenek, ke tempat yang lebih aman dari banjir,” tuturnya. (DK.Com)

Penulis : Rahman

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!