Kendala Indonesia Kembali Swasembada Pangan

0 49

             *** Prediksi 12 Tahun Lagi Akan Kehilangan 14 Juta KK Petani

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Melihat kondisi pertanian saat ini maka swasembada pangan yang pernah dienyam Indonesia tahun 1986, akan sulit untuk kembali diciptakan,  dengan berbagai kendala yang dihadapi oleh KTNA (Kontak Tani dan Nelayan Andalan ).

Kenyataan ini diakui oleh Winarno Tohir Ketua Umum KTNA,  pasca membuka  acara  Rembuq Utama Kelompok  KTNA  Nasional 2016,  yang berlangsung di Samarinda Convention Hall  Jum’at  (24/9/2016).

“Sejak zaman Sukarno kita sudah impor pangan, tapi  pada tahun 1986 kita berhasil swasembada pangan. Bahkan bisa membantu negara lain, namun semenjak tahun tersebut  makin ke depan  produksi tani kita makin menurun,“ terang Winarno.

Winarno juga menjelaskan, hal ini terjadi  karena adanya 3 hal yang tidak bisa dilakukan oleh KTNA, yakni  alih fungsi lahan karena menjadi kewenangan pemerintah, begitu pula halnya dengan Tata Ruang Wilayah yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah serta  berkurangnya jumlah petani.

“Jumlah petani di tahun 2003 hingga 2013  berkurang hingga 5 juta petani dalam 10 tahun,   dengan data sekarang,  62 % daripadanya berada pada usia  di atas 64 tahun. Usia  35-45 tahun sebanyak 28% dan sisanya pemuda, sehingga diprediksi 12 tahun lagi kita akan kehilangan  petani sebanyak 14 juta KK, jika tidak  dipersiapkan generasi penerus,“ jelas Winarno.

Berita terkait : Pemerintah Impor Pangan Matikan Petani, Sesepuh KTNA Kecewa

Oleh karena itulah untuk mengatasi tersebut, di tengah makin bertambahnya jumlah penduduk,  maka alih fungsi lahan sebanyak 100 ribu ha/tahun  yang telah terjadi  disarankan oleh Winarno  jangan terulang  lagi  dan harus distop.

Sebagai acara berskala nasional maka acara  Rembuq KTNA ini dihadiri oleh peserta KTNA dari seluruh Indonesia, termasuk 10 kabupaten kota di Kaltim, dan akan berlangsung dari tanggal 23 September 2016 – 26 September 2016, dengan mengusung tema “Mantapkan Stabilitas Pangan Nasional”.  (My)

 

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!