Jelang Pilkada, KPU Kota Balikpapan Dapat Kunjungan LSM

0 81

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menerima kunjungan LSM Komite Penyelamat Ekonomi dan Hak Rakyat, Selasa (31/12/2019).

Kedatangan LSM tersebut disampaikan dalam rangka membantu kinerja KPU sebagai mitra, kontrol sosial dalam Pilkada tahun 2020 nanti.

LSM tersebut beranggotakan beberapa elemen masyarakat, tokoh pemuda, yang menyatukan visi dan misi untuk mewujudkan Pilkada ke depan bisa lebih baik lagi. Terutama dalam tingkat partisipasi pemilih sebagaimana Undang-Undang KPU yang menargetkan 77,5%.

“Harus bisa ditingkatkan menjadi 80% untuk di Kota Balikpapan dalam pilkada ke depan nanti,” kata Agus dari LSM tersebut.

Untuk mencapai angka tersebut dengan melakukan sosialisasi ke ke masyarakat memberikan informasi, kata Agus, target utamanya adalah bagaimana pemilih pemula, milenial, kaum emak-emak dan bapak-bapak dan semua pemilih, bisa sadar akan pemilih yang berdaulat negara kuat.

“Kami selaku LSM akan mencoba untuk masuk juga ke Bawaslu agar sinergi semua, sama-sama berjalan,” imbuhnya.

Terkait dengan MoU nanti, masih kata Agus, akan dikonkritkan seperti apa ke depannya. Jika memang terfungsikan dan bersinergi, maka akan dirumuskan secara bersama-sama.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menjelaskan, kehadiran LSM ini menyampaikan aspirasinya akan rendahnya partisipasi masyarakat.

“Tujuannya untuk ambil bagian terkait kegiatan-kegiatan KPU dengan membantu sosialisasi dengan istilah bermitra,” jelas Thoha.

Pada kesempatan itu, Thoha memberikan suatu catatan penting jika memang bersunguh-sunguh untuk membantu kegiatan KPU adalah harus netral. Kemudian aturan mainnya harus mengikuti aturan KPU, dan tidak boleh melakukan aturan sendiri.

“Bentuk kemitraan itu seperti yang dulu pernah ada namanya relawan demokrasi, nantinya akan dirumuskan bagaimana teman-teman bisa masuk kegiatan-kegiatan yang dulu pernah dilaksanakan oleh relawan demokrasi. Tentunya akan dibahas lebih detail apakah harus dibentuk MoU atau seperti apa nantinya,” jelas Thoha menandaskan. (DK.Com)

Penulis : Rony S

Editor   : Lukman   

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!