Gelar Sosialisasi Tahapan Pencalonan, KPU Balikpapan Undang Parpol

Thoha : Rohnya Pilkada Ini di Pencalonan

0 77
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan sosialisasi tahapan pencalonan dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2020, Selasa (25/8/2020).

Kegiatan sosialisasi diselenggarakan di depan Kantor KPU Kota Balikpapan yang dihadiri beberapa unsur pimpinan partai politik, Bawaslu, Kesbangpol, TNI, dan Polri.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Suhardi dari KPU Provinsi Kalimantan Timur Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, yang dipandu Sahrul Karim sebagai moderator.

“Kegiatan ini bagian yang sangat krusial, karena rohnya Pilkada ini di pencalonan, sumber dari segala permasalahan banyak di pencalonan,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha usai kegiatan.

Menurut Thoha, KPU Balikpapan belum bisa memilah dikarenakan belum ada tim kampanyenya, tim suksesnya, jika sudah proses pencalonan dan ditetapkan sebagai calon pertemuan berikutnya akan diundang tim suksesnya.

Terkait dengan proses tes kesehatan, jika salah satu calon dinyatakan reactive terpapar Covid-19 maka akan menjadi opsi, yaitu dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan standar Covid yang ketat.

Baca juga : Cari Pendamping Paslon, KPU Balikpapan Survei Akuntan Publik

“Akan dilakukan isolasi sambil menunggu Covidnya hilang. Maka ada beberapa resiko terhadap jadwal kampanye yang dimundurkan, tes kesehatan juga dimundur, termasuk pengambilan nomor undian juga mundur,” jelas Thoha.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika si calon dinyatakan positif Covid dan meninggal dunia, ada mekanisme tersendiri bagi partai politik dan kewenangan itu ada pada partai politik dalam menggantinya.

“Semua diatur berdasarkan  PKPU secara detail,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!