Covid-19 Perlahan Berlalu, Kursi Calon Pengantin di KUA Mulai Hangat

Seminggu 30 Berkas Calon Pengantin Masuk KUA Samarinda Utara

0 541

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Memasuki fase relaksasi, Kantor Kementerian Urusan Agama (KUA) Samarinda Utara, ramai didatangi warga yang hendak mendaftar pernikahan, Selasa (9/6/2020) Siang.

Fase relaksasi merupakan penyesuaian kembali aktivitas masyarakat secara perlahan. Dari pantauan awak media DETAKKaltim.Com di KUA Samarinda Utara yang beralamat di Jalan Lambung Mangkurat, Kelurahan Sungai pinang dalam, Kecamatan Sungai Pinang, terlihat ramai warga mengantar calon pengantin (Catin) untuk melaksanakan akad nikah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Para Catin tersebut datang secara bergantian ditemani oleh beberapa keluarga masuk ke dalam ruangan Balai Nikah yang telah disediakan.

Catin yang sudah siap dinikahkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker sebagaimana aturan pemerintah, dan juga menjaga jarak. Kepala KUA Samarinda Utara, Syaikhoni mengatakan, pihaknya tetap membuka pelayanan namun tetap menerapkan phsyical distancing dan selalu menggunakan masker.

“Tetap melaksanakan pernikahan di Kantor KUA, kalau di rumah sesuai dengan alasannya apa dan bagaimana. Dan ditambah dengan melengkapi protokol kesehatan,” ungkap Syaikhoni

Menurut data, terhitung dari tanggal 2 sampai 9 Juni 2020 ada sebanyak 30 berkas dan 6 pasang pengantin yang sudah dinikahkan di KUA Samarinda Utara.

Salah satunya, pasangan yang baru saja melaksanakan ijab kabul Haniba (24) dan Winarti (19) merasa sangat senang dapat melaksanakan sunnah nabi yang sangat dianjurkan atau sunnah muakad.

“Alhamdulillah hari ini acaranya lancar tidak ada kendala sama sekali, dan sesuai dengan anjuran dari pemerintah untuk akadnya dilaksanakan di kantor KUA,” ungkap Haniba.

Haniba sempat menceritakan lantaran adanya wabah Covid – 19, ia beserta keluarga bersepakat untuk menunda sesuai anjuran pemerintah.

Setelah selesai Bulan Suci Ramadhan dan melihat kondisi kasus Virus Corona di Samarinda mulai menurun, akhirnya Haniba bersama Winarti dan keluarga datang ke Kantor KUA Samarinda Utara untuk melangsungkan akad nikah.

“Rencananya kalau tidak ada Covid-19 sebelum bulan puasa, karena Covid-19 jadi harus ditunda. Dan alhamdulillah setelah bulan puasa kasusnya mulai menurun,” ujarnya kepada Wartawan DETAKKaltim.Com.

Selama pembukaan pelayanan di KUA Samarinda Utara, Syaikhoni selalu mengimbau kepada Catin yang sedang mengurus berkas dan juga akad nikah dapat mematuhi protokol kesehatan yang ada.(DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

(Visited 34 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!