KPU Kaltim Monitoring Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Kukar

Suardi: Bagian dari Rutinitas Dalam Mengawasi Jalannya Tahapan

0 79

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Komisioner KPU Kalimantan Timur (Kaltim) Suardi hadiri Rapat Pleno Terbuka mengenai Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), serta penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Diinisiasi oleh KPU Kukar, Suardi mengapresiasi kelancaran acara, yang tidak terlepas dari persiapan dan koordinasi yang telah dilakukan sebelumnya oleh pihak-pihak terkait, seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu Kukar, serta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

“Mereka semua sudah berkoordinasi dengan baik untuk memastikan data yang digunakan sudah valid dan siap diproses,” ujar Suardi saat ditemui di sela-sela kegiatan di Hotel Puri Senyiur Samarinda, Kamis (19/9/2024) sore.

Suardi menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi antara berbagai elemen penyelenggara Pemilu di tingkat daerah, untuk menjaga kelancaran kegiatan.

Selain itu, ia menyoroti bahwa masukan-masukan dari Panwascam selama proses pleno sudah ditindaklanjuti dengan baik oleh PPK. Beberapa perubahan data yang ditemukan setelah rapat pleno di tingkat PPK, juga telah diperbaiki dan disesuaikan dalam rapat pleno tersebut.

Baca Juga:

Selanjutnya, Suardi berharap agar tidak ada perubahan lebih lanjut dalam data pemilih setelah tahap ini hingga proses rekapitulasi di tingkat Provinsi.

Suardi memandang, penyempurnaan data pemilih ini sangat penting agar tidak ada masalah kemudian hari, yang bisa menghambat jalannya pemilihan di Kukar maupun di tingkat Provinsi.

Selain membahas kelancaran proses rekapitulasi, Suardi juga menjelaskan mengenai kegiatan monitoring yang dilakukan oleh KPU Provinsi.

“Monitoring dari KPU Kaltim merupakan bagian dari rutinitas dalam mengawasi jalannya tahapan-tahapan Pemilu di tingkat Kabupaten/Kota,” tuturnya.

Namun, kegiatan monitoring tersebut bergantung pada jadwal kegiatan dan waktu yang tersedia. Jika memungkinkan, KPU Provinsi akan turun langsung ke lapangan untuk memantau pelaksanaan kegiatan Pemilu di Kabupaten dan Kota, memastikan semuanya berjalan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

“Koordinasi yang baik dari tingkat Kecamatan hingga Provinsi menjadi kunci utama untuk memastikan kelancaran dan akurasi data dalam setiap tahap pemilihan.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 16 times, 16 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!