COACH I MADE KERTAYASA MEMBERIKAN PENGALAMAN INSPIRATIF PUBLIC SPEAKING DI HOTEL FUGO SAMARINDA

0 508

DETAKKaltim.Com. SAMARINDA: Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking kini menjadi salah satu keterampilan krusial yang diperlukan dalam dunia politik, profesional dan akademik. Kemampuan ini memungkinkan seseorang untuk menyampaikan ide, informasi, dan pendapat dengan jelas dan persuasif, yang tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga membuka berbagai peluang baru di masa depan. Di era digital ini, public speaking menjadi semakin penting karena peran komunikasi dalam mempengaruhi audiens dan mencapai tujuan semakin mendominasi.

Pengertian public speaking itu sendiri menurut pakar ahli Dale Carnegie asal Amerika, mengartikan public speaking sebagai kemampuan dalam mempengaruhi orang lain menggunakan cara berbicara di depan umum. Secara lebih detail, bisa mengartikannya sebagai suatu bentuk penuturan gagasan dari seseorang untuk khalayak. Kemudian, topik yang disampaikan sudah dipertimbangkan secara matang dan terbilang penting. Dale Carnegie sendiri merupakan salah satu penggagas di bidang tersebut.

COACH I MADE KERTAYASA: ENERGI DAN SEMANGAT YANG LUAR BIASA

Pada Jum’at, 23 Agustus 2024, di Hotel Fugo Samarinda dengan sangat antusias Co-founder Semsesta Academy memberikan pengalamannya sebagai Public Speaker Coach. I Made Kertayasa yang memiliki gelar SKM, CPS , C.NLP. dikenal  karena energi dan semangatnya. Coach I Made juga aktif sebagai Producer dan News Ancor di Stasiun Televisi TVRI Kalimantan Timur dari 2009. Tidak hanya itu, Ia mampu menciptakan metode yang unik dan seru dalam mengajarkan public speaking.

Dengan pengalaman bekerja 30.000 jam dan segudang pengalaman, Coach I Made membangun lembaga pendidikan pengembangan diri Semesta Academy pada tahun 2021.

“Kami merintis lembaga Semesta Academy ini dari tahun 2021 pasca pandemik covid 2019. Kemudian berbarengan dengan progress pemindahan IKN ke Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Lembaga ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang komunikasi dan public speaking di Kalimantan Timur khususnya.

“Sebenarnya keberadaan lembaga ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya alam dalam berkomunikasi. Walaupun lembaga sebenarnya bergerak banyak di bidang soft skill, tapi yang paling utama adalah komunikasi dan public speaking,” jelas Coach Made.

METODE PENGAJARAN PUBLIC SPEAKING YANG UNIK

Salah satu highlight dari konferensi pers ini adalah ketika Coach I Made menjelaskan tekniknya dalam mengajarkan public speaking. Di dalam kelas exceptional public speaking Coach Made menggunakan permainan dadu dalam mengajarnya.

“Kami menyebutnya sebagai story cube, fungsinya adalah untuk melatih improvisasi,” jelasnya sambil memegang dadu-dadu.

TANTANGAN YANG DIHADAPI OLEH COACH I MADE KERTAYASA

Ketika ditanya oleh pihak media kami DETAKKaltim.Com mengenai tantangan terbesar yang dihadapi oleh seorang Public Speaker Coach. Ia mengungkapkan bahwa beratnya mengajak masyarakat untuk belajar public speaking.

“Peminat sangat minim, bahkan ketika kami membuka kelas gratis hanya beberapa orang saja yang antusias, untuk itu kami berfokus untuk mengedukasi dan membangun minat tersebut,” ungkapnya sambil menatap teman-teman media yang hadir pada hari itu.

PESAN INSPIRATIF COACH I MADE KERTAYASA

“Public speaking adalah kunci untuk membuka potensi Anda. Jangan ragu untuk berbicara di depan umum—latih diri Anda dengan semangat dan percaya pada kemampuan Anda. Dengan keberanian dan persiapan, Anda bisa mempengaruhi dunia dan menginspirasi orang lain. Jadilah pembicara yang berani dan kreatif. Masa depan gemilang menanti Anda jika Anda menguasai keterampilan ini!” (*)

Penulis: Lucy Emyr Shan (LES)

Referensi website: https://ferdiesoethiono.com/blog-artikel/jenis-jenis-public-speaking/

(Visited 26 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!