Pilgub Kaltim, Bapaslon Isran-Hadi Mendaftar Hari Kedua

KPU Kaltim Tunggu Pemberitahuan Tertulis Bapaslon Rudy-Seno

0 637

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Fahmi Idris menyatakan kesiapan KPU Kaltim menerima bakal pasangan calon (Bapaslon) Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim yang datang mendaftar, Selasa (27/8/2024).

Kendati pendaftaran telah dibuka hari ini sebagaimana yang diatur dalam PKPU Nomor 2 tahun 2024 selama 3 hari, yaitu tanggal 27, 28, 29 Agusutus 2024. Namun hingga batas waktu berakhir pada Pukul 16:00 Wita, tak satupun Bapaslon yang datang mendaftar.

“Untuk hari ini sementara belum ada yang mendaftar,” beber Fahmi  kepada awak media DETAKKaltim.Com dan sejumlah awak media lainnya di Sekretariat KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat Samarinda, Pukul 17:22 Wita.

Berdasarkan surat yang masuk, Fahmi mengungkapkan kemungkinan Bapaslon Isran Noor-Hadi Mulyadi akan mendaftar besok, Rabu (28/8/2024) Pukul 10:00 Wita. Dan kemungkinan Bapaslon Rudy Mas’ud-Seno Aji akan mendaftar, Kamis (29/8/2024).

“Konfirmasinya baru konfirmasi lisan. Ditunggu saja, tanggal 29. Kami masih menunggu pemberitahuan secara tertulis,” jelas Fahmi.

Baca Juga:

Ditanya mengenai tanda-tanda dari Bapaslon lain pasca keluarnya Putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang membuka ruang bagi partai non parlemen mengajukan calon Kepala Daerah, Fahmi menjelaskan untuk sementara baru Bapaslon Isran Noor-Hadi Mulyadi dan Rudy Mas’ud-Seno Aji. Untuk yang lainnya, pihaknya belum dapat informasi.

“Untuk sementara baru dua nama itu saja, yang lainnya kami belum dapat informasi,” ungkap Fahmi.

Terkait jumlah pendukung yang diperbolehkan mengantar Bapaslon pada saat mendaftar ke KPU Kaltim, Fahmi mengatakan itu dibatasi jumlahnya hanya maksimal 190 orang. 150 orang hanya sampai di halaman KPU, sedangkan selebihnya bisa masuk di Aula tempat pendaftaran.

Dari sisi pengamanan pada saat pendaftaran Bapaslon, KPU Kaltim kata Fahmi telah berkoordinasi secara intensif dengan Polda Kaltim dan Polresta Samarinda. Dan hari ini, telah diturunkan 30 orang personil. Namun akan disesuaikan jumlahnya berdasarkan kebutuhan di lapangan.

“Alhamdulillah, mereka siap back up full terkait pendaftaran Bacalon Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim 2024 ini.” tanda Fahmi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 72 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!