Partisipasi Pemilu 79,80 Persen, KPU Kaltim Harap Angka Serupa di Pilkada

Fahmi: Biasanya Tingkat Partisipasi Pilkada Dapat Lebih Turun

0 208

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) gelar dua agenda, yakni Sosialisasi Terkait Penyusunan Visi, Misi, dan Program Bakal Calon Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kaltim.

Kemudian Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya baru saja menuntaskan rekap nasional terkait penghitungan ulang surat suara, 28 Juli lalu.

“Kita baru menyelesaikan rekap nasional terkait penghitungan ulang surat suara tanggal 28 Juli, yang diundang ada 4 Provinsi,” ujarnya Fahmi di Hotel Mercure Samarinda, Jum’at (2/8/2024).

Lanjutnya, dengan 147 Tempat Pemungutan Suara (TPS), di 9 KPU Kabupaten/Kota, hasil rekap Provinsi Kaltim tidak ditindaklanjuti kembali di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Setelah kita rekap tidak ditindaklanjuti lagi di MK, alhamdulillah sekali karena ada beberapa Provinsi yang ditindaklanjuti di MK,” bebernya.

Baca Juga:

Atas nama KPU Kaltim, ia mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Pemilu serentak, dengan tingkat partisipasi yang cukup tinggi, yakni 79,80 persen.

Ia menaruh harapan besar agar tingkat partisipasi yang sama dapat tercapai untuk Pilkada, mengingat kecenderungannya yang lebih rendah dari Pemilu.

“Kita berharap tingkat partisipasi yang sama dapat tercapai, karena biasanya tingkat partisipasi Pilkada dapat lebih turun dari Pemilu serentak.” tandasnya.

Pilkada serentak akan digelar, Rabu 27 November 2024.  (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 22 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!