Legislator Kutim Sorot Pelatihan Karyawan di Luar Daerah

Fitri Yani Minta Pemerintah Komunikasi dengan Perusahaan

0 282

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Terkait persoalan pelatihan calon pekerja yang dilakukan di luar daerah oleh pihak perusahaan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Fitri Yani mengungkapkan kekhawatiranya.

Pasalnya, beberapa perusahaan merekrut pekerja dan mengirim mereka untuk menjalani pelatihan di luar daerah, seperti di Kalimantan Selatan (Kalsel), Jakarta, atau Banjarmasin.

Ia menilai, Pemerintah Daerah perlu melakukan komunikasi dengan pihak perusahan-perusahaan tersebut.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menjelaskan, pelatihan yang dilakukan di luar daerah seringkali tidak relevan dengan kondisi dan kebutuhan pekerjaan di Kutim.

“Pelatihan di luar daerah memang memberikan wawasan yang luas, tetapi ada beberapa aspek teknis dan lingkungan kerja di Kutim yang berbeda dan membutuhkan pendekatan khusus,” terangnya saat ditemui, Jum’at (19/7/2024).

Tak hanya itu, Fitri Yani mengatakan bahwa jika pelatihan pekerja tersebut dilakukan di dalam daerah sendiri dapat mendukung perkembangan ekonomi masyarakat.

“Jika pelatihan dilakukan di Kutim, kita tidak hanya meningkatkan keterampilan pekerja dan menggerakkan ekonomi lokal. Pusat pelatihan bisa bekerja sama dengan lembaga pendidikan setempat, sehingga menghasilkan tenaga kerja yang benar-benar memahami kondisi daerah ini,” ujarnya.

Baca Juga:

Selain itu, perusahan juga dapat menghemat biaya.

“Sebenarnya, biaya yang dikeluar untuk pelatihan di luar daerah itu bisa untuk keperluan lainnya,” ucapnya.

Politisi wanita inipun berharap ke depannya, pelatihan untuk tenaga kerja dilakukan di Kutim saja.

“Ketika pelatihan dilakukan di Kutim, tidak hanya meningkatkan keterampilan pekerja tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang bagi perekonomian daerah.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV DPRD Kutim

Editor: Lukman

(Visited 264 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!