Disdikbud Kukar Gelar Apresiasi dan Jambore PAUD

Maslianawati: Kami Menghimbau Kepada Seluruh Masyarakat

0 33

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Apresiasi dan Jambore Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kukar tahun 2024. Kegiatan ini  sebagai ajang silaturrahmi tingkat Kecamatan dan Desa.

Kegiatan ini digelar Disdikbud Kukar selama 3 hari, dari tanggal 21-23 Juni di Gedung Bela Diri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Jambore PAUD ini dirangkai dengan berbagai kegiatan, seperti Lomba Paduan Suara, Talkshow antar Bunda PAUD, dan Bazar UMKM.

Dalam kegiatan tersebut, Bunda PAUD Kukar Maslianawati Edy Damansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar Bunda PAUD di tingkat Kecamatan, Desa, dan Kelurahan dapat mengajak masyarakat untuk mengenyam Pendidikan PAUD bagi anak usia 0 sampai 8 tahun.

“Karena tanpa adanya pendekatan dari Bunda PAUD, masyarakat tidak akan tahu pentingnya pendidikan anak usia dini. Dimana saat ini masih minim kesadaran masyarakat,” kata Maslianawati.

Ia menambahkan, Bunda PAUD Kukar akan membentuk forum PAUD di setiap Kecamatan, sehingga nantinya ada cabang-cabangnya.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar mau mendaftarkan anaknya untuk mengikuti pendidikan PAUD di usia dini,” pungkasnya.

Baca Juga:

Kepala Disdikbud Kukar melalui Sekretaris Disdikbud Kukar Maria Ester mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kukar.

Kemudian juga karena ada Program Disdikbud, yaitu anak usia 0 sampai dengan 8 tahun. Maka Pendidikan Anak Usia Dini itu tidak hanya di PAUD, tetapi juga di jenjang pendidikan Sekolah Dasar Kelas 1 dan Kelas 2 SD.

Maria Ester menekankan pentingnya kegiatan ini, untuk pencegahan angka putus sekolah.

“Kita memberikan penguatan kepada Guru-Guru dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pentingnya pendidikan anak dari usia dini sehingga nanti ke depannya tidak akan ada anak yang putus sekolah dari 20 Kecamatan,” jelasnya.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini Kepala Sekolah PAUD, SD, Bunda PAUD Kecamatan dan Desa, UPT layanan pendidikan, Penilik, Pengawas Sekolah, Camat, serta ratusan undangan lainnya.

“Kegiatan ini melibatkan semua pihak, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Kukar.” tandas Ester. (DETAKKaltim.Com/Adv. Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 16 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!