Disdikbud Kaltim Tingkatkan Kualitas Pendidikan Sekitar IKN

Kurniawan: Sudah Ada Nota Kesepahaman

0 35

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sekolah-sekolah yang terletak di sekitar wilayah Ibu Kota Negara (IKN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur telah membentuk kemitraan strategis dengan Otorita IKN, dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan mengatakan, program tersebut dirancang untuk mempercepat peningkatan kapasitas tenaga pendidik serta menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih baik.

“Kami telah menyiapkan teknis pelaksanaannya, dan sudah ada Nota Kesepahaman,” terang Kurniawan di Pendopo Odah Etam Provinsi Kaltim, Samarinda, Minggu (2/6/2024).

Baca Juga:

Memorandum Of Understanding (MoU) yang dimaksud adalah, MoU antara Penjabat Gubernur Kaltim dan Otorita IKN. Ia bahkan mengakui bahwa langkah-langkah yang akan diambil, sudah dirumuskan sebelum perpindahan ke IKN.

Dengan adanya program ini, diharapkan tercipta sinergi antara Pemerintah Daerah dan Otorita IKN dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah sekitar IKN. Tujuan utamanya adalah agar sekolah-sekolah tersebut tidak tertinggal, dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang akan berada di kawasan IKN.

“Kebanyakan yang akan pindah ke IKN berasal dari Jakarta, dimana kualitas pendidikannya jauh lebih unggul dibandingkan dengan di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Terkait dengan kurikulum yang akan diterapkan di sekolah-sekolah di kawasan IKN, Kurniawan menyebutkan bahwa kemungkinan akan ada perbedaan dibandingkan dengan Kurikulum Merdeka yang saat ini diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia.

“Di PPU, kami masih menggunakan Kurikulum Merdeka karena sudah menjadi kurikulum wajib. Namun, untuk IKN, bisa jadi mereka akan memiliki kurikulum yang berbeda.” tandasnya.

Program ini diharapkan tidak hanya memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan, tetapi juga mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan kompetitif.

Hal ini penting agar siswa di sekitar IKN bisa mendapatkan pendidikan yang setara dengan yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, sehingga tidak ada kesenjangan dalam mutu pendidikan. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 24 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!