Pj Gubernur Kaltim Kunjungi SPBN di Biduk-Biduk

Akmal Ungkap Peran Nelayan Bagi IKN

0 38

DETAKKaltim.Com, BERAU: Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Biduk-Biduk di Kabupaten Berau, Kamis (23/5/2024).

Pj Gubernur Akmal Malik tiba di Biduk-Biduk sekitar Pukul 5 sore melalui jalur laut dari Tanjung Redeb, setelah mendarat di Bandara Kalimarau Berau, sekitar Pukul 12 siang.

Lokasi pertama yang dikunjungi Pj Gubernur Akmal Malik adalah, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBN) di Kampung Biduk-Biduk.

Pj Gubernur Akmal Malik mengakui kesulitan para Nelayan selama ini adalah bahan bakar. Lebih parah lagi, karena bahan bakar hanya bisa mereka dapatkan dengan harga cukup mahal sekitar Rp12 Ribu hingga Rp13 Ribu per liter.

“Dengan adanya SPBN ini, alhamdulillah Nelayan bisa mendapatkan bahan bakar dengan harga standar Rp6.800 per liter,” kata Akmal di sela peninjauan SPBN Biduk-Biduk.

Baca Juga:

Jumlah Nelayan Biduk-Biduk diperkirakan mencapai 6.000 orang. Estimasi kebutuhan bahan bakar para Nelayan sekitar 360 Kiloliter (Kl). Saat ini baru terpenuhi 160 kl. Masih terdapat kekurangan sekitar 200 Kl.

Dalam rangka pemerataan, Pemprov Kaltim merekomendasikan untuk dibangun SPBN di lokasi-lokasi lainnya.

Lebih jauh diterangkan Akmal, Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) akan membutuhkan ketersediaan pangan yang besar.

“IKN pasti membutuhkan pangan yang besar, termasuk dari laut. Karena itu kita harus memberi ruang agar Nelayan-Nelayan kita bisa melaut dengan tenang, bisa melaut dengan kapal yang bagus dan bahan bakar tersedia, sehingga produktivitas mereka juga meningkat,”  tambah Akmal.

Ia juga berharap, pemerintah bisa segera memenuhi kebutuhan bahan bakar Nelayan setempat.

Pj Gubernur Akmal Malik juga menyerahkan bantuan Pemprov Kaltim kepada Pemkab Berau, berupa Mesin Ketinting ukuran 10 PK untuk 14 orang dari Kelompok Nelayan Cahaya Laut secara simbolis.

Selain itu, juga diserahkan bantuan jogging track dan pembatas jarak bangunan masyarakat dan bibir pantai, agar bangunan tak menghalangi pandangan ke laut. Nilai bantuan sebesar Rp525 Juta. Panjang bangunan 200 meter dan lebar 2 meter.

Pj Gubernur Akmal Malik juga meninjau bangunan pemecah ombak di Biduk-Biduk, yang dibangun menggunakan APBD Provinsi Kaltim.

Selama kunjungan Pj Gubernur Akmal Malik didampingi Asisten I Sekkab Berau Hendratno, Kadisbudpar Berau Ilyas Natsir dan Sekcam Biduk-Biduk Firmansyah. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Sumber: sul/her/adpimprovkaltim

Editor: Lukman

(Visited 29 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!