Sambut Nataru, Basarnas Padang Gelar Pasukan Siaga SAR Khusus

Asnedi : Tetap Fokus Pada Penanganan Kecelakaan

0 152

DETAKKaltim.Com, PADANG : Mengantisipasi arus transportasi menjelang libur Natal 2021 dan tahun baru 2022, Basarnas Padang (Kantor Pencarian dan Pertolongan=KPP) menyelenggarakan Gelar Pasukan Siaga SAR Khusus, Jum’at (17/12/2021) pagi.

Kegiatan gelar pasukan dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai 1 Kantor Basarnas Padang, diikuti seluruh Petugas Siaga SAR Khusus yang terlibat baik dari Pejabat, Rescuer, ABK maupun Admin.

Siaga SAR Khusus tersebut dimaksudkan untuk mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi, selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada masa pandemi Covid-19.

Dalam pengarahannya, Kepala KPP Padang Asnedi menegaskan, kesiapsiagaan ini tetap fokus pada penanganan kecelakaan dengan kondisi khusus yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari Basarnas.

“Meskipun kesiapsiagaan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, tetap harus ada peningkatan sistem quick response SAR jika terjadi kecelakaan,” ungkap Asnedi dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com Pukul 19:03 Wita.

Selain kesiapsiagaan, lanjutnya, juga perlu tingkatkan koordinasi dengan instansi terkait dan potensi SAR.

Ada yang istimewa dalam awal gelar pasukan siaga SAR Khusus Nataru kali ini, karena bersamaan dengan ulang tahun Basarnas Special Group (BSG).

“Basarnas Bali memiliki putra-putri Minang yang juga tergabung dalam BSG, dan sudah dikembalikan bertugas di Basarnas Padang. Saya ucapkan selamat, dan semoga lebih baik ke depannya ” ucap Asnedi.

Selama siaga SAR Khusus Nataru yang berlangsung 19 hari, melibatkan seluruh personil Basarnas di Padang, 50 Kota, Pasaman, Solok Selatan dan ABK KN Yudhistira dengan pergerakan-pergerakan ke lokasi yang diprediksi rawan terjadi kecelakaan.

Baca Juga :

Disamping itu juga ada pemantauan ke bandara dan pelabuhan-pelabuhan penyebrangan Kapal berpenumpang, namun dengan tetap menetapkan Protokol Kesehatan cegah Covid-19.

Menurut Kasi Ops dan Siaga KPP Padang Octavianto, sejumlah Alat Utama (Alut) diturunkan guna menyukseskan pelaksanaan Giat Siaga SAR Khusus kali ini.

Mulai dari Rescue Car, Rescue Carier, Rescue Compartemen, Ambulance, Rescue Truck, hingga KN Yudhistira, RIB 03, LCR serta Peralatan SAR Darat dan Air lengkap juga disiapkan.

“Berjumlah tidak kurang dari 20 Alut SAR yang dioperasikan dan disebar di seluruh wilayah Sumbar.” tandas Octavianto. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis

Editor   : Lukman

(Visited 20 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!