Korem 091/ASN Gelar Sertijab 3 Dandim

0 670

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar SAP MM bertindak sebagai inspektur upacara pada serah terima jabatan Dandim 0901/Samarinda Letkol  Inf Sriyono SIP kepada  Letkol Kav Muhammad Arifin SH, Komandan Kodim 0913/PPU dari Letkol Czi Adi Suryanto SE kepada Letkol Czi Dwi Imam Subagiyo ST, dan Penyerahan Tugas Komandan Kodim 0910/Mln dari Komandan Korem 091/ASN kepada  Letkol Inf Yudha Sandi Purwana, di Hall Makorem Jln Gajah Mada Nomor 11 Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (21/12/2016).

Acara pokok penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan komandan serta penyerahan tongkat komando yang dilakukan oleh Danrem 091/ASN  Brigjen TNI Makmur Umar dirangkaikan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan komandan dan juga pembacaan serta penandatanganan Pakta Integritas.

Usai acara pokok, dilanjutkan acara tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN oleh masing-masing pejabat baru maupun mantan pejabat lama.

Penandatanganan Pakta Integritas Dandim lama dan Dandim Baru oleh Danrem 091/ASN
Penandatanganan Pakta Integritas Dandim lama dan Dandim Baru oleh Danrem 091/ASN. (foto:Penrem 091/ASN)

Hadir pada upacara tersebut antara lain Para Kasi Korem 091/ASN, para Komandan Kodim seluruh jajaran Korem 091/ASN,  para Komandan Satuan dan Kabalak, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS dan Ketua serta ibu-ibu pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman.

Dalam amanatnya, Danrem 091/ASN mengatakan bahwa, serah terima jabatan maupun alih jabatan di lingkungan TNI AD seperti yang kita laksanakan sekarang ini,  pada dasarnya merupakan bagian dari upaya Pimpinan TNI AD untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan, pemantapan manajemen organisasi serta pembinaan karier personel TNI-AD agar dapat mengembangkan profesionalismenya.

Danrem menambahkan, bahwa jabatan Komandan Kodim merupakan jabatan yang memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pembinaan teritorial, sebagai salah satu fungsi utama TNI AD dalam rangka menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan Negara. Selain itu Dandim juga mengemban fungsi dalam rangka pembinaan Satuan, guna meningkatkan kinerja, profesionalisme prajurit serta memelihara moril dan kesejahteraan anggota. Untuk itu setiap pejabat Dandim harus mampu membuat perencanaan dan pembinaan potensi wilayah serta bekerja sama dengan pemerintah daerah dan komponen masyarakat lainnya secara terpadu dan berkesinambungan. lustzone.ch.

Serah terima jabatan Ketua Persit KCK Cabang XIV, LVII dan LXV Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman dipimpin Ketua Persit KCK Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman Ny. Chandra Makmur
Serah terima jabatan Ketua Persit KCK Cabang XIV, LVII dan LXV Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman dipimpin Ketua Persit KCK Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman Ny. Chandra Makmur. (foto:Penrem 091/ASN)

Danrem juga memberikan atensi bagi pejabat Dandim yang baru dalam pelaksanaan tugasnya ke depan di antaranya tentang masalah penyalahgunaan Narkoba, Narkoba merupakan ancaman yang nyata bagi ketahanan bangsa.

“Untuk itu saya perintahkan kepada Dandim agar memerangi secara serius permasalahan Narkoba, lakukan tindakan pencegahan penyalahgunaan Narkoba baik itu di internal dan eksternal satuan masing – masing. Lakukan tes urine kepada para personel di Satuan kalian sebagai bentuk upaya pencegahan adanya personel TNI dan PNS TNI yang terlibat penyalahgunaan Narkoba,” tegasnya.

Dijelaskan Danrem, masih banyaknya pintu–pintu masuk distribusi Narkoba di wilayah Kaltim dan Kaltara perlu dijadikan perhatian, agar segera mengambil langkah–langkah mengantisipasinya.

“Lakukan sosialisasi tentang bahaya Narkoba di Satuan maupun di luar Satuan, khususnya bagi generasi muda penerus bangsa. Perlu saya ingatkan kembali tidak ada ampun bagi prajurit pengguna, pengedar Narkoba, proses hukum berupa pemecatan akan menjadi konsekuensinya,” ujarnya.

Danrem juga menyinggung tentang permasalahan terorisme, dan masalah pertanggung jawaban keuangan, di mana perlunya kemampuan manajemen anggaran yang handal dari sisi pertanggung jawaban keuangan seperti permasalahan dana hibah, belanja barang, belanja pegawai, belanja modal, BPD dan lain – lain sehingga akan menghindarkan dari penyimpangan pertanggung jawaban keuangan.

Masih dalam rangkaian sertijab Dandim 0901/Samarinda, Dandim 0910/Malinau dan Dandim 0913/PPU, di tempat terpisah yakni di ruang Yudha Makorem 091/ASN dilaksanakan upacara serah terima jabatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIV Koorcab Rem 091 PD VI/ Mulawarman, dari Ny Sriyono kepada Ny Muhammad Arifin dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Koorcab Rem 091 PD VI/ Mulawarman, dari Ny Adi Suryanto kepada Ny Dwi Imam Subagiyo yang dipimpin langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/ Mulawarman Ny Chandra Makmur.

Usai melaksanakan rangkaian kegiatan sertijab, acara dilanjutkan dengan ramah-tamah dan pemberian cinderamata. (Penrem 091/ASN/LVL).

(Visited 111 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!