KPU Kukar Komitmen Jalankan Aturan Pilkada

Amin: Apapun kondisinya

0 82

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Muhammad Amin, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) menegaskan pentingnya pelaksanaan debat kampanye sebagai bagian dari proses Pemilu.

Debat kampanye telah dinyatakan wajib, minimal satu kali dan maksimal tiga kali. KPU Kukar telah berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan ini.

“Apapun kondisinya KPU wajib memfasilitasi,” tegas Amin usai Bimtek Pelaksanaan Regulasi Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye untuk Mewujudkan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang Partisipatif, Terbuka, dan Berakuntabilitas Publik dengan KPU Kabupaten/Kota se-Kaltim besutan KPU Kaltim di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (17/9/2024).

Amin kemudian menambahkan, bahwa perencanaan untuk debat kampanye di Kukar sejauh ini berjalan dengan baik, namun pelaksanaannya masih menunggu kepastian lebih lanjut.

Amin juga menanggapi pertanyaan mengenai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang berkaitan dengan PKPU Nomor 8 dan PKPU Nomor 10.

“Putusan MK bersifat erga omnes, yang artinya berlaku untuk seluruh Indonesia. Namun, KPU Kukar tidak bisa menafsirkan putusan itu secara independen, karena setiap daerah bisa memiliki tafsiran yang berbeda,” sebut Amin.

Baca Juga:

Fokus saat ini adalah pada PKPU 8 dan Perubahan di PKPU 10. Meskipun ada putusan MK, KPU Kukar tetap berpegang pada regulasi yang ada.

Ia menekankan bahwa KPU di tingkat Kabupaten dan Kota berperan sebagai implementator, bukan sebagai pembuat aturan. Pihaknya tidak memiliki wewenang untuk menciptakan aturan baru, oleh karenanya regulasi yang sudah ada akan dilanjutkan.

Selain itu, terkait pendaftaran calon, Amin memastikan bahwa semua proses telah dilakukan dengan baik. Hanya tinggal menunggu penetapan, dan hal tersebut tidak terpengaruh oleh Putusan MK.

Amin berharap bahwa semua langkah yang diambil, dapat mendukung pelaksanaan Pemilu yang demokratis dan transparan.

“Kami akan terus bekerja keras untuk memastikan setiap tahapan Pemilu berjalan lancar, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.” tutup Amin. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor : Lukman

(Visited 7 times, 7 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!