Tim Pemenangan Isran-Hadi Gelar Sayembara Anti Money Politic

 Sapta: Pelapor Akan Dapatkan Santunan

0 330

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sapta Wijaya, Wakil Ketua Harian 1 Tim Khusus Pemenangan Isran Noor-Hadi Mulyadi, menyoroti praktik politik uang (money politic) yang kerap mewarnai pemilihan Kepala Daerah, khususnya di Kalimantan Timur (Kaltim) menjelang Pilgub Kaltim.

Dalam keterangannya, Sapta mengajak masyarakat untuk tidak terbiasa menerima praktik semacam itu, karena berpotensi merusak proses demokrasi yang sehat.

Sebagai upaya mencegah politik uang, Tim Pemenangan Isran-Hadi menciptakan program sayembara anti-money politic. Masyarakat yang menemukan adanya indikasi pembagian uang atau praktik serupa dan melaporkannya ke pihak berwenang, seperti Kepolisian atau Bawaslu, akan mendapatkan hadiah berupa santunan.

“Kami ingin memberikan apresiasi bagi warga yang berani melapor. Kami juga akan memberikan pendampingan hukum dengan melibatkan pengacara kami,” ujar Sapta, Jum’at (13/9/2024).

Baca Juga:

Ia menjelaskan, daerah-daerah rawan politik uang sering kali ada di tingkat RT, dimana aparat RT juga diharapkan tidak terlibat dalam praktik tersebut.

Mengenai skema pelaporan, Sapta menjelaskan bahwa masyarakat yang melihat atau mengalami politik uang dapat melapor kepada tim dengan bukti yang cukup, seperti video atau foto, dan identitas pelapor akan dirahasiakan. Tim akan memeriksa bukti tersebut sebelum memberikan santunan kepada pelapor.

“Kami juga sedang mengkaji teknis pemberian hadiahnya, dan akan membentuk call center khusus untuk menerima pengaduan dari masyarakat. Identitas pelapor akan kami jaga kerahasiaannya, dan kami siap mendampingi mereka agar tidak ada intervensi dari pihak manapun,” paparnya.

Sapta menegaskan pentingnya fokus pada program kerja, bukan politik uang, sebagai landasan untuk menentukan pilihan di Pilkada mendatang.

“Pilkada ini, jadi jangan sampai terobsesi akan money politic terus. Jadi kita adu program kerja.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 28 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!