Gaungkan Sport Tourism, Optimis Dapat Jadi Kekuatan Pariwisata Kaltim

Hetifah: Kami Optimis

0 717

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sport tourism, saat ini menjadi salah satu Sektor Pariwisata yang paling pesat pertumbuhannya di Indonesia. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang tertarik untuk menggabungkan hobi berolahraga dengan eksplorasi destinasi baru, segmen ini dipandang memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak ekonomi pariwisata nasional.

Dalam hal ini keindahan alam luar biasa yang dimiliki Indonesia, khususnya Benua Etam, sangat berpotensi untuk menggaungkan sport tourism, melalui wisata gugus Kepulauan Maratua, Wisata Alam Batuq, memancing di Danau Sentarum, dan lain-lain.

Untuk itu tema “Explore The Beauty Of East Borneo” yang diusung dalam acara Mahakam Run, menjadi sangat relevan.

“Kita berharap para peserta tidak hanya berpartisipasi dalam lomba, tetapi juga dapat menikmati keindahan alam dan kekayaan budaya Kaltim, khususnya di sepanjang Sungai Mahakam,” jelas Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.

Tak hanya Sungai Mahakam, acara ini diharapkan dapat mengajak peserta untuk menjelajahi ikon-ikon budaya dan pariwisata lokal, seperti Masjid Shiratal Mustaqiem, salah satu masjid tertua di Kalimantan, hingga Kampung Tenun.

Hetifah juga menekankan bahwa Mahakam Run bukan hanya sekadar acara olahraga, tetapi juga sebuah kesempatan untuk memperkenalkan dan mengangkat potensi pariwisata daerah kepada khalayak yang lebih luas.

“Mungkin setelah mengikuti lomba, para peserta akan tertarik untuk lebih mendalami potensi wisata lain yang dimiliki kota ini,” ujarnya.

Baca Juga:

Ia berharap bahwa acara ini dapat menjadi agenda rutin yang masuk dalam kalender pariwisata tahunan Benua Etam, yang tidak hanya menggerakkan roda perekonomian lokal, tetapi juga semakin memperkuat citra Kalimantan Timur sebagai destinasi sport tourism yang unggul.

Terlepas daripada hal tersebut, Hetifah kembali menyampaikan harapannya agar ke depan Mahakam Run dapat mendapatkan pengakuan resmi dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), sehingga event ini dapat berkembang lebih besar dengan menghadirkan kategori full marathon.

Acara ini menurutnya tidak hanya akan menarik lebih banyak peserta dari dalam dan luar negeri, tetapi juga meningkatkan daya saing Kalimantan Timur sebagai salah satu destinasi utama sport tourism di Indonesia.

“Kami optimis sport tourism akan menjadi salah satu kekuatan utama Kalimantan Timur, di masa mendatang. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan cakupan acara ini.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 23 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!