Era IoT, Ketua MPR RI Sorot Ketimpangan Teknologi di Timur

Bamsoet: Saatnya Kita Membangun Angkatan Siber

0 671

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Di tengah pesatnya perkembangan zaman, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyoroti urgensi pemanfaatan teknologi untuk mengatasi berbagai persoalan nasional, terutama ketimpangan yang masih lebar di berbagai wilayah Indonesia.

Hal ini ia sampaikan dalam pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI, dan Sidang Bersama DPR-DPD RI di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat.

Bamsoet menekankan bahwa teknologi, khususnya dalam digitalisasi keuangan dan pemerintahan, berkembang sangat cepat dalam dekade terakhir. Namun, ia juga memperingatkan bahwa laju perkembangan ini meninggalkan masalah baru, yakni ketimpangan yang semakin melebar, khususnya di Indonesia bagian timur.

“Kita berharap kemajuan teknologi bisa jadi solusi. Tetapi, di sisi lain, teknologi juga memperbesar ketimpangan, terutama di wilayah timur Indonesia,” jelas Bamsoet yang disaksikan secara serentak di berbagai daerah, termasuk dalam Rapat Paripurna Ke-23 DPRD Kaltim yang digelar di Samarinda, Jum’at (16/8/2024).

Menghadapi era Internet of Things (IoT), Bamsoet juga menekankan pentingnya keamanan siber sebagai prioritas nasional.

Menurutnya, Indonesia perlu segera menghadirkan angkatan siber untuk melindungi kepentingan negara di tengah kerawanan geopolitik regional, terutama dengan tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Australia.

“Saat ini, sudah saatnya kita membangun angkatan siber. Dengan begitu, kita dapat menghadapi tantangan keamanan baru yang datang bersama perkembangan teknologi,” tegasnya.

Baca Juga:

Menggarisbawahi pentingnya sinergi antara kemajuan teknologi dan upaya mengatasi ketimpangan, Bamsoet mendorong seluruh elemen bangsa untuk bersatu menghadapi tantangan masa kini.

“Demi mewujudkan Indonesia yang lebih merata dan maju di masa depan.” tandasnya.

Era Internet of Things (IoT) yang dimaksudkan adalah sebuah konsep yang menggambarkan sistem di mana objek-objek fisik di sekitar, seperti perangkat elektronik, kendaraan, sensor, dan banyak lainnya, dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan mereka untuk mengumpulkan dan bertukar data melalui jaringan internet.

IoT menciptakan peluang besar untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kualitas hidup, namun juga menimbulkan tantangan terkait privasi dan keamanan data. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 28 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!