Inflasi Kaltim Tertinggi di Berau, Terendah di PPU

Yusniar: Inflasi Berau Mencapai 2,58 Persen

0 519

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kabupaten Berau di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami inflasi tertinggi di Benua Etam, mencapai 2,58 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,76. Sebaliknya, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat inflasi terendah dengan angka 1,71 persen dan IHK 106,30.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim Yusniar Juliana menjelaskan, lonjakan inflasi ini disebabkan oleh kenaikan harga di sebagian besar kelompok pengeluaran, yakni kelompok makanan, minuman, dan Tembakau.

“Tercatat kenaikan tertinggi sebesar 4,68 persen,” ungkap Yusniar beberapa waktu lalu.

Kenaikan ini diikuti oleh kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 1,90 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,40 persen.

Selain itu, kelompok kesehatan mencatat kenaikan signifikan sebesar 4,87 persen. Kelompok transportasi naik 0,61 persen, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 1,89 persen, kelompok pendidikan sebesar 1,13 persen, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman atau restoran naik 1,16 persen.

Kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya juga mengalami kenaikan sebesar 4,54 persen.

Namun, Yusniar mencatat ada dua kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga, serta kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, yang masing-masing turun sebesar 0,36 persen.

“Terdapat dua kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks,” bebernya.

Secara bulanan, terjadi penurunan indeks harga pada Juli 2024 sebesar 0,38 persen. Secara tahunan, inflasi pada Juli 2024 mencapai 1,31 persen.

Yusniar Juliana menegaskan, BPS akan terus memantau perkembangan harga di Kaltim untuk memastikan stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat tetap terjaga.

“Kami akan terus memantau perkembangan harga di Kaltim, untuk memastikan stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 30 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!