Jalur Tol VIP Hingga Videotron, Persiapan HUT RI di IKN Terus Dimatangkan

Sri: Pengaturan Lalu Lintas Menjadi Krusial

0 302

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) telah mengambil langkah signifikan dalam mempersiapkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Republik Indonesia, yang akan diadakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sepaku.

Salah satu persiapan utama adalah penyiapan jalur Tol VIP, untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama acara penting tersebut.

Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni menekankan pentingnya langkah ini, untuk mengatasi potensi kemacetan lalu lintas. Menurutnya, dengan adanya jalur Tol VIP yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN, diharapkan dapat mengurangi kepadatan dan memastikan bahwa para tamu undangan serta peserta upacara dapat sampai ke lokasi dengan lancar.

“Diperkirakan sekitar 1.380 tamu undangan akan hadir dalam upacara di IKN, sehingga pengaturan lalu lintas menjadi krusial,” ungkap Sri Wahyuni, belum lama ini.

Wanita kelahiran 1970 itu menjelaskan, pihak Kepolisian saat ini sedang menyusun skenario lalu lintas yang komprehensif. Tujuannya adalah, untuk memastikan kelancaran perjalanan menuju lokasi upacara di IKN.

Jalur Tol VIP ini akan dikhususkan untuk tamu undangan dan peserta upacara, memastikan bahwa mereka dapat tiba tepat waktu dan tanpa hambatan.

Selain jalur Tol VIP, Pemprov Kaltim juga mempersiapkan jalur alternatif lainnya untuk mendukung mobilitas peserta upacara. Salah satu jalur yang disiapkan adalah, melalui jalan Tol ke IKN dan Jembatan Pulau Balang.

“Jalur ini akan digunakan untuk memfasilitasi banyaknya peserta upacara, yang akan bertolak dari Kota Balikpapan,” bebernya.

Selain itu, Jalan Sepaku juga akan digunakan untuk mengakomodasi arus kendaraan menuju IKN, memberikan lebih banyak opsi bagi peserta upacara.

Untuk memastikan bahwa masyarakat yang tidak dapat hadir langsung di IKN tetap bisa menyaksikan upacara, Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa Pemprov Kaltim akan menyediakan fasilitas videotron di beberapa lokasi strategis.

Videotron akan dipasang di tempat-tempat seperti Pentacity Mall di Balikpapan, dan Big Mall di Samarinda. Dengan demikian, masyarakat yang tidak dapat hadir di IKN tetap dapat mengikuti jalannya upacara melalui siaran langsung di videotron tersebut.

“Videotron ini agar masyarakat yang tidak dapat hadir langsung di IKN, tetap dapat merasakan semangat peringatan HUT RI melalui siaran langsung.” tuturnya.

Lebih lanjut, di lokasi-lokasi tersebut, pemerintah juga akan mengadakan kegiatan interaktif untuk mengenalkan IKN kepada para siswa dan mahasiswa.

Sri Wahyuni mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri datang ke IKN mengingat kapasitas tempat yang terbatas.

“Ini upacara pertama yang diadakan di luar Jakarta, undangan yang diberikan juga terbatas.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 86 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!