Potensi Wisata Samboja Barat Tinggi Namun Kurang Dikelola

Budiyanto: Belum Dikelola Secara Maksimal

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Potensi wisata di Samboja Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), adalah aset yang berharga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan adanya beragam destinasi wisata, daerah tersebut memiliki peluang besar untuk menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Atas hal itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Samboja Barat Budiyanto menegaskan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk memberikan perhatian khusus, dalam pengembangan dan promosi potensi wisata di wilayahnya.

Ini termasuk dengan dukungan infrastruktur, fasilitas, pengembangan pariwisata berkelanjutan, dan promosi wisata yang kuat, dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Banyak wisata yang memperlukan perhatian dari pemerintah untuk dikembangkan, karena itu salah satu potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan di Samboja Barat,” ujar Budiyanto usai mengikuti Pelatihan Tim Evaluasi APBDesa dan APBDesa Perubahan, Verifikasi Pertangggungjawaban Desa di Hotel Fugo Samarinda beberapa waktu lalu.

Ia menjabarkan, potensi wisata itu berkaitan dengan pantai, Batu Dinding, Lamin Etam Ambors, hingga air terjun panas.

“Ada beberapa potensi tapi belum dikelola secara maksimal, kalau itu dimaksimalkan bisa meningkatkan PAD,” ujarnya.

Baca Juga:

Terkait dengan upaya dari pihak Kecamatan, ia mengakui bahwa persoalan pengelolaan wisata ini telah disampaikan kepada Pemkab Kukar.

“Kami sudah sampaikan, cuma permasalahannya wilayah kami sebagian masuk di Tahura. Jadi kalau melakukan pembangunan ada izin, Batu Dinding masuk Tahura, air panas juga masuk Tahura, masuk ke Kelurahan Bukit Merdeka,” paparnya.

Lebih lanjut Budiyanto mengatakan, pantai di Ambarawang Laut juga berpotensi tinggi menjadi tempat wisata. Pantai ini telah dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Pantai di Ambarawang Laut itu potensinya juga bagus, itu sudah dikelola karena di Samboja Barat ini kan potensi wisata pantainya tinggi. Sementara itu dikelola masyarakat sendiri, oleh Pokdarwis.” tutup Budiyanto. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 98 times, 1 visits today)
Ambarawang LautBukit MerdekaSekcam Budiyanto
Comments (0)
Add Comment