Pemkab Kutim Diminta Belajar Tata Kelola Sampah ke Balikpapan

Sobirin Nilai Balikpapan Berhasil Kelola Sampah

0 25

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Anggota legislatif Kabupaten Kuti Timur (Kutim) melakukan studi komparasi terkait pengelolaan sampah, dan penanganan lingkungan di Kota Balikpapan beberapa waktu lalu.

Usai ke Kota Balikpapan, Anggota DPRD Kutim Sobirin Bagus mengatakan, tidak dipungkiri keberhasilan Kota Balikpapan dalam tata kelola sampah dan penanganan lingkungan sudah paripurna.

“Bukti nyata keberhasilannya dalam pengelolaan sampah dan lingkungan yang bagus, diperolehnya tropi Adipura yang terus menerus sepanjang tahun,” sebut Sobirin, Selasa (9/7/2024).

Oleh karenanya, kata Sobirin, adalah langkah tepat Kutai Timur harus belajar dan mengkaji bagaimana hal itu bisa dilakukan. Baik mulai dari kebijakan Pemerintah Daerah, maupun pembiasaan masyarakatnya.

Dijelaskan Sobirin, banyak sisi positif yang bisa didapat dalam pengelolaan sampah yang bagus dan benar, selain lingkungan yang bersih dan nyaman, juga nilai ekonomis yang timbul.

Buktinya di Kota Balikpapan, dari tata kelola sampah yang benar, ternyata limbah sampah itu bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sumber energi berupa Gas Metan, Kompos, dan lainnya.

“Bahkan lebih dari itu, dengan pengelolaan yang baik dan benar, sektor ini juga bisa dimanfaatkan dengan dijadikan obyek wisata,” ujarnya.

Baca Juga:

Sehingga, tambahnya, sampah yang identik dengan tempat kotor dan bau tidak sedap, kini justru bisa menjadi peluang untuk obyek wisata dan ruang terbuka hijau bagi masyarakat.

Lebih lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengungkapkan, dari hasil studi banding tersebut, diketahui beberapa faktor keberhasilan pemerintah setempat dalam pengelolaan sampah dan lingkungan.

Namun satu hal yang dinilai sangat bagus dan patut ditiru, yakni menjadikan kesadaran bagi segenap masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan kelola sampah secara benar.

“Kita akui, peran besar masyarakat yang begitu tinggi kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan, termasuk tata kelola sampah di lingkungan masing-masing,” jelas Sobirin.

Untuk itu, lanjutnya, hendaknya belajar dari kondisi tersebut. Pemerintah Daerah Kutim, selain terus berusaha maksimal dalam membuat konsep dan penanganan sampah, hal yang juga tidak kalah penting yakni melakukan sosialisasi maksimal kepada masyarakat.

“Hal itu sangat penting dan perlu, melalui sosialisasi tersebut nantinya akan menjadikan penyadaran bagi masyarakat, tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.” kata Sobirin menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV DPRD Kutim

Editor: Lukman

(Visited 27 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!