Pj Gubernur Kaltim Tanam Bibit Pohon Gaharu di Arboretum PT IMM

Akmal Minta PT IMM Bangun Kawasan Pangan

0 34

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik melakukan penanaman bibit Pohon Gaharu di areal Arboretum 30 Gemilang PT Indominco Mandiri (IMM), Kabupaten Kutai Timur, Rabu (26/6/2024).

Akmal mengapresiasi komitmen PT Indominco Mandiri membangun arboretum, dengan total luas hamparan 65 hektare itu.

“Mungkin ini satu-satunya arboretum yang dibangun oleh perusahaan pemegang konsesi tambang di Kaltim,” kata Pj Gubernur Akmal Malik kepada para wartawan usai penanaman bibit pohon,.

Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Kalimantan Timur, Akmal Malik menyampaikan  terima kasih dan apresiasi atas upaya  PT Indominco Mandiri membangun arboretum ini.

“Dari sini setidaknya IMM sudah menyumbang karbon untuk Kalimantan Timur dan dunia,” tambahnya.

Melihat contoh baik yang ditunjukkan PT Indominco Mandiri, Akmal meminta semua perusahaan pemegang konsesi pertambangan di Kaltim melakukan hal yang sama.

Indominco Mandiri memberi bukti bahwa eksploitasi Sumber Daya Alam berupa Tambang Batubara, bisa dilakukan dengan tetap menjaga keseimbangan alam. Hal ini penting agar alam Kaltim tetap terjaga dan lestari.

Baca Juga:

Selain memuji upaya reklamasi dan revegetasi pasca tambang melalui arboretum, Akmal meminta PT Indominco Mandiri juga melakukan upaya lain yaitu membangun kawasan pangan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sebab Akmal melihat, banyak areal pascatambang yang potensial untuk pengembangan kawasan pangan. Beberapa jenis tanaman yang bisa dikembangkan di areal eks tambang antara lain Padi, Jagung dan Sayuran.

“Jangan sampai Kangkung menjadi penyuplai inflasi. Padahal 17 hari Kangkung dilempar di sini bisa panen,” pesan Akmal.

Akmal berharap PT Indominco bisa membuktikan bahwa Tambang Batubara juga bisa mendukung pengembangan kawasan pangan, dan secara langsung mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Terima kasih jajaran IMM, teruslah berbuat baik untuk bumi dan untuk masyarakat,” tutup Akmal.

Didampingi Kepala Dinas Kehutanan Kaltim Joko Istanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kaltim Anwar Sanusi, serta Direktur PT Indominco Mandiri  Era Tjahya Saputra, Pj Gubernur Akmal Malik menanam bibit Pohon Gaharu dan panen Madu Kelulut di kawasan itu.

Direktur PT Indominco Mandiri  Era Tjahya Saputra menerangkan pada tahun 1997-2001 Arboretum 30 Gemilang masih menjadi areal pertambangan. Total luasnya 65 hektare.

“Rencana pengembangan kita hingga 150 hektare, ke depan,”  jelas Era Tjahja.

Pohon yang ditanam di kawasan itu antara lain Sengon, Trembesi, Ulin, Meranti, Kapur, Gaharu dan lain-lain.

Penanaman bibit pohon didahului dengan akad penyerahan Bibit Gaharu untuk ditanam dan dirawat. Bibit pohon diserahkan Pj Gubernur Akmal Malik, kepada Direktur PT Indominco Mandiri  Era Tjahya Saputra. (DETAKKaltim.Com/Adv.Diskominfo)

Sumber: Rilis Adpimprovkaltim

Editor: Lukman

(Visited 28 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!