2021-2026, Program Kukar Siap Kerja Targetkan 6.000 Orang

Lukman: Kita Adakan Juga Job Fair

0 25

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, berupaya agar target pelatihan bagi masyarakat tercapai. Yaitu Program Kukar Siap Kerja, dengan cakupan sepanjang tahun 2021-2026.

Hal tersebut diungkapkan Lukman, Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kukar.

“Sesuai tugas fungsi kami yaitu bagaimana menjembatani, yakni terkait urusan pelatihan kerja, produktivitas tenaga kerja dan perencanaan penempatan tenaga kerja bagi masyarakat Kukar,” ungkap Lukman, Jum’at (21/6/2024).

Lukman menyebutkan, sepanjang tahun 2021-2024 ini Disnakertrans Kukar banyak memberikan pelatihan-pelatihan. Baik yang bersifat pelatihan kompetensi/sertifikasi, pemberdayaan/perluasan, serta perencanaan tenaga kerja.

“Kalau mengikuti grafiknya itu dari 2021 sampai saat ini, mengalami kenaikan yang signifikan. Sampai 2024 untuk pelatihan saja, yang dianggarkan khusus pelatihan sertifikasi/kompetensi hampir Rp10 Milyar,” jelas Lukman.

Baca Juga:

Dijelaskannya, khusus pelatihan yang bersifat sertifikasi atau kompetensi, target pada tahun 2024 ini yakni sekitar lebih 500 orang dengan 8 jenis pelatihan. Seperti pelatihan Garda Pratama (Satpam), Welder (Pengelasan), Konten Kreator, Desain Grafis, Operator Alat Berat dan pelatihan lainnya.

“Kami juga memberikan pelatihan yang bersifat pemberdayaan, perluasan dan juga ada untuk kaum disabilitas. Mudah-mudahan target dari pemerintah untuk Disnakertrans Kukar bisa tercapai,” kata Lukman lebih lanjut.

Ia menambahkan, tidak hanya memberikan pelatihan, para peserta yang telah mengikuti pelatihan juga difasilitasi untuk mencari pekerjaan dengan maksud agar peserta tidak semata-mata mengikuti pelatihan tetapi ada kelanjutannya.

“Selain kita adakan pelatihan, kita adakan juga Job Fair. Dimana akan dipertemukan antara masyarakat yang sedang mencari pekerjaan, dengan perusahaan – perusahaan yang mencari pekerja.’ Tandas Lukman. (DETAKKaltim.Com/Adv. Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 19 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!