Hari Raya Qurban, PKS di Kaltim Sembelih Ratusan Ekor Sapi

Berikan Wartawan Satu Ekor, Dedi: Kita Menyembelih 407 Ekor

0 102

Ketua DPW PKS Kaltim Dedi Kurniadi. (foto: LVL)
Ketua DPW PKS Kaltim Dedi Kurniadi. (foto: LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Merayakan Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban 1445 Hijriyah/2024 Masehi, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kaltim melaksanakan penyembelihan Hewan Qurban di Sekretariat DPW PKS Kaltim, Jalan M Yamin Samarinda, Selasa (18/6/2024) pagi.

Penyembelihan Hewan Qurban hari ini, dilakukan PKS tidak hanya di Kaltim. Namun dilakukan di seluruh Indonesia secara simultan.

“Hari ini Partai Keadilan Sejahtera secara nasional, simultan melakukan penyembelihan Hewan Qurban. Dan kita di Kalimantan Timur ada kenaikan cukup signifikan dibanding tahun 1444 Hijriyah. Kita menyembelih 407 ekor, tahun lalu 368 ekor,” ungkap Ketua DPW PKS Kaltim Dedi Kurniadi.

DPW PKS Kaltim, ungkap Dedi, menempati urutan Kedua setelah Jawa Barat sebagai pengumpul Hewan Qurban terbanyak. Dananya bersumber dari urunan kader-kader PKS, dan juga pejabat publik di legislative Provinsi maupun Kabupaten/Kota termasuk juga dari anggota legislative pusat.

“Untuk Kabupaten/Kota semuanya dipusatkan di Kabupaten/Kota, untuk DPW kita hanya menerima dari dua Kepala Daerah dan dari anggota DPR Pusat,” imbuh Dedi.

Baca Juga:

Terkait penyembelihan Hewan Qurban hari ini, Dedi mengungkapkan, secara keseluruhan 10 Kabupaten/Kota di Kaltim dilakukan penyembelihan Hewan Qurban, kecuali Mahakam Ulu.

Untuk DPD PKS terbanyak Berau sebanyak 164 ekor Sapi, 4 ekor Kambing. Disusul Kutai Timur 108 ekor Sapi, 1 ekor Kambing. Balikpapan 43 ekor Sapi dan 6 ekor Kambing. Bontang 30 ekor Sapi, 13 ekor Kambing. Samarinda 21 ekor Sapi dan 3 ekor Kambing..

DPD PKS Kutai Kartanegara 15 ekor Sapi, 8 ekor Kambing. Paser 11 ekor Sapi, 4 ekor Kambing. Penajam Paser Utara 9 ekor Sapi, dan 3 ekor Kambing. Kutai Barat 3 ekor Sapi.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk hubungan sosial dengan masyarakat. Bukan saja sebagai sesuatu yang disyariatkan Nabi Muhammad SAW, dengan kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

“Ini bagian dari kita meneladani yang dicontohkan para Rasul, kita berharap dari kegiatan ini bukan saja memberikan manfaat daging Qurbannya. Tapi ada hal lain yang bisa kami panen di akhirat kelak, dengan seluruh jajaran kader Partai Keadilan Sejahtera. Baik di Kaltim maupun secara nasional, karena mereka memberikan kontribusi. Mulai dari pengadaan, sampai kepada pendistribusian kepada sebagian masyarakat yang bisa dijangkau,” jelas Dedi.

Ia berharap kegiatan ini menjadi contoh, dan menginspirasi semua pejabat publik terutama yang diusung Partai Keadilan Sejahtera.

“Karena kontribusi terbesar ini didapatkan dari dua pejabat publik kita, di Kutim sama di Berau,” beber Dedi.

Dedi mengungkapkan, Kader PKS di DPRD Kabupaten/Kota Kaltim saat ini ada 27 orang. Kecuali di Paser dan Mahakam Ulu, tidak ada. Sedangkan di DPRD Provinsi ada 4 orang, dan 1 orang di DPR RI.

Sejatinya, di DPW PKS Kaltim memotong 3 ekor Sapi hari ini. Namun saat terjadi perbincangan singkat dengan sejumlah Wartawan yang meliput kegiatan penyembelihan Hewan Qurban itu, Dedi spontan memberikan 1 ekor Sapi itu dibawa Wartawan untuk dipotong sendiri.

Hal inipun disambut gembira, meski sempat dibuat kaget lantaran seperti tidak yakin langsung diberikan saat itu juga. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 91 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!