Pj Gubernur Kaltim Ingat Masa Kecil, Shalat Ied di Masjid Ad Da’wah

Akmal: Saya Kecilnya Sekolah di SD Muhammadiyah

0 29

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr Akmal Malik melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah di Masjid Ad Da’wah Komplek Muhammadiyah Kaltim Center, Jalan Siradj Salman Samarinda, Senin (17/6/2024).

Dalam kesempatan ini, usai shalat Akmal berseloroh, bahwa ia dulu jebolan Sekolah Dasar Muhammadiyah sebuah kampung di Sumatera Barat.

“Shalat di Masjid Ad Da’wah ini mengingatkan saya saat kecil. Saya kecilnya sekolah di SD Muhammadiyah di Sumatera Barat. Kalau habis Shalat Ied, seperti kita kumpul dan makan-makan,” ucapnya di hadapan seluruh Pengurus PW Muhammadiyah Kaltim.

“Shalat di masjid ini, juga memang sudah saya niatkan sejak lama. Alhamdulillah bisa melaksanakannya,” sambung Akmal.

Akmal juga mengapresiasi isi khotbah yang disampaikan, sangat menginspirasi. Bahkan, menjadi renungan bagi siapa saja jama’ah yang hadir di masjid ini.

Untuk itu, sudah sepantasnya atau sewajarnya umat muslim dapat mencontoh dan meneladani sifat dan prilaku yang dilaksanakan Nabi Ibrahim berserta keluarganya.

“Saya sampai terharu menyimaknya. Karena, teladan yang dilakukan Nabi Ibrahim sangat wajib dicontoh dalam kehidupan sehari-hari sebagai umat Nabi Muhammad SAW,” pesannya.

Selain itu, Akmal mengatakan, momentum itu bersamaan penyerahan Hewan Qurban kepada takmir masjid.

“Semoga hewan yang disembelih dapat bermanfaat,” harapnya.

Ustad Muhammad Hendro dalam khotbah menyampaikan pesan, bagaimana sosok Nabi Ibrahim Alaihis Salam, yakni Ibrahim sosok pemimpin lurus, pandai kehidupan yang baik. Termasuk golongan yang saleh.

“Ibrahim seorang pemimpin yang pantas diteladani. Sangat bijaksana, terutama dalam keluarganya. Dia inspirator dalam setiap kebaikan yang dilaksanakannya,” ungkapnya.

Baca Juga:

Ibrahim sosok yang taat perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala, baik yang masuk akal maupun tidak. Ibrahim sosok yang suka bersyukur atas nikmat diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Contohnya di lingkungan kita, mencontohkannya untuk berbuat baik kepada masyarakat. Khususnya mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala di muka bumi,” pesannya.

Selain itu, pesan dan hikmah perjuangan Ibrahim adalah melaksanakan qurban atau berqurban.

Hadir Kadis Kehutanan Joko Istanto, Ketua DPRD Samarinda Sugiyono, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Kaltim H Jaswadi, KH Muhammad Haiban. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Sumber: Adpimprov Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 22 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!