Maskapai Super Air Jet Layani Rute Berau-Surabaya

Pj Gubernur Kaltim Bersyukur Harapan Masyarakat Berau Terpenuhi

0 47

DETAKKaltim.Com, TANJUNG REDEB: Inagurasi penerbangan rute baru Surabaya-Berau yang dioperasikan oleh maskapai Super Air Jet (Lion Group) semakin menambah pilihan masyarakat, untuk terbang dari Kabupaten paling utara di Kalimantan Timur menuju ibu kota Jawa Timur, Surabaya, dan sebaliknya.

Inagurasi penerbangan rute Berau-Surabaya ditandai dengan upacara water salute ketika Pesawat Super Air Jet yang ditumpangi Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Ketua DPRD Berau Mardi Pani dan Presiden Direktur Lion Group Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi, mendarat di landasan Bandara Kalimarau setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jum’at (14/6/2024).

“Alhamdulillah, akhirnya harapan masyarakat Berau terkait adanya penambahan rute baru penerbangan dari Surabaya-Berau dan sebaliknya bisa dipenuhi maskapai Super Air Jet. Terima kasih kepada Presiden Direktur Lion Group, beserta kru Super Air Jet. Ini menjadi tonggak sejarah untuk pengembangan Berau ke depan, dan semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Berau,” kata Pj Gubernur Akmal Malik dalam sambutannya.

Akmal Malik menjelaskan, setelah berdiskusi dengan Presiden Direktur Lion Group, ternyata bisnis penerbangan udara tidak mudah. Makanya, ujar Akmal, adalah berkah luar biasa bagi Kaltim dan Berau dengan rute penerbangan baru Surabaya-Berau dan sebaliknya.

Kaltim, lanjut Akmal, mungkin satu-satunya daerah di luar Pulau Jawa yang memiliki tiga bandara, yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Kalimarau Berau.

“Insya Allah dengan tiga bandara yang ada, ke depan bisa menambah rute penerbangan dari Jawa ke Kaltim. Terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, yang memfasilitasi terwujudnya rute penerbangan Surabaya-Berau ini. Harapan kami ke depan tentunya ada penambahan jalur atau rute penerbangan baru dari Berau ke daerah di luar Kaltim dan sebaliknya, termasuk dari Berau ke Maratua. Dan juga tentunya penerbangan Super Air Jet di Berau, terus berlanjut kedepannya,” pungkas Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini.

Baca Juga:

Presiden Direktur Lion Group Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi mengungkapkan, selain mendukung pengembangan Pariwisata Kabupaten Berau, ke depannya juga untuk mempermudah fasilitas umroh ke tanah suci.

“Kami dukung apa yang menjadi harapan Buapti Berau, tentu juga menjadi harapan masyarakat Berau untuk rute baru lainnya, seperti Berau-Yogyakarta dan Berau-Makassar,” ungkap Kapten Daniel menjawab permintaan bupati dan masyarakat Berau terkait rute penerbangan baru selanjutnya di Bandara Kalimarau.

Maskapai Super Air Jet menggunakan pesawat jenis Airbus 320-200, dengan kapasitas 180 penumpang. Rute Surabaya-Berau berangkat dari Bandara Juanda ke Bandara Kalimarau setiap hari pada Pukul 15;30 WIB, dan sebaliknya dari Berau-Surabaya pada Pukul 18:50 Wita.

Tampak hadir, Wakil Bupati Berau Gamalis, Sekda Kabupaten Berau Muhammad Said beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Berau dan Kepala BLU UPBU Kelas I Kalimarau Ferdinan Nurdin. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Sumber: Adpimprov Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 39 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!