Puluhan Desa Ajukan Pencairan ADD dan Dana RT ke DPMDes Kutim

Yuriansyah: Sudah Ada 73 Desa

0 589

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Masa kepimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang (ASKB) mempunyai sejumlah program, termasuk salah satunya program unggulan bantuan dana sebesar Rp50 Juta khusus untuk setiap RT.

Bantuan Rp50 Juta per RT itu masuk dalam Alokasi Dana Desa (ADD) di setiap Desa, di Kutim terdapat kurang lebih 141 Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kutim Yuriansyah mengaku, telah menerima pengajuan pencairan ADD termasuk di dalamnya dana Rp50 Juta per RT tersebut.

“Hingga sekarang, sudah ada 73 Desa yang melakukan pengajuan pencairan ADD menggunakan rekening Desa,” tutur Yuriansyah, Jum’at (26/5/2023).

Yuri sapaan akrabnya menjelaskan, pencairan bantuan Rp50 Juta per RT itu masuk dalam ADD sehingga akan ditransfer ke Rekening Desa, pasalnya Desa sebagai pengelola sedangkan RT sebagai pelaksana.

Baca Juga:

Lebih lanjut Yuri mengatakan, penggunaan bantuan RT Rp50 Juta itu tetap mengacu pada aturan Rp40 Juta untuk pembangunan fisik seperti insfrastruktur, dan Rp10 Juta untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya bagi yang tidak mampu.

Adapun dana bantuan untuk RT sebesar Rp50 Juta per RT itu juga sebagai alternatif lain, saat pembangunan tidak masuk dalam prioritas Musrenbang.

“Dana Rp40 Juta infrastruktur itu fisik, dan pekerjaannya tergantung kewenangan dari RT, apa yang perlu untuk dibangun yang memang tidak ter-cover di Musrenbang,” ucap Yuriansyah.

Pihaknya juga terus mendorong para Kepala Desa, agar segera mengajukan pencairan ADDnya. Saat ini, lanjutnya, sejumlah prosedur sudah masuk dalam tahapan pelaksanaan.

“Mungkin masih dalam tahapan-tahapan pencairan dana RT yang harus dilalui, oleh karena itu saya selalu mengingatkan Desa segera mencairkan.” tegasnya menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/Adv.Diskominfo Kutim

Editor: Lukman

(Visited 97 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!