PLN Ajak 130 Anak Yatim Pelajari Energi dan Nonton Bareng

0 60

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sebagai wujud nyata kepedulian PLN dalam bidang pendidikan, khususnya di sektor energi bertajuk PLN Peduli,  PLN Wilayah Kaltimra berkolaborasi dengan Komunitas Kelas Balikpapan Mengajar (KBM) dan Pos Kepedulian Peduli Ummat (PKPU) Balikpapan mengajak 130 Anak Yatim Dhuafa mengikuti Kelas Energi dan Nonton Bareng, Minggu (18/9/2016).

Kegiatan ini menjadi media pembelajaran kepada anak-anak, khususnya anak yatim dalam rangka memperkenalkan secara umum tentang sumber-sumber energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan memberikan pemahaman akan pentingnya energi dalam menggerakkan roda pembangunan, untuk mencapai kemajuan bangsa bagi masyarakat khususnya kepada para generasi penerus.

Ceria
Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa dengan ceria menikmati kegiatan yang digagas PLN bekerja sama dengan PKPU dan KBM. (foto:Dok.PKPU)

“Ini adalah salah satu program dari PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) PLN, khususnya untuk berbagi pengetahuan tentang energi kepada generasi yang akan melanjutkan ke depan Bangsa Indonesia ini,“ sebut General Manager PLN Kaltim-Kaltara  Tohari Hidayat dalam sambutannya.

Acara yang juga dihadiri Wali Kota Balikpapan H Rizal Effendi berlangsung meriah dari awal hingga akhir, bahkan Wali Kota turut berbagi bersama yatim dhuafa dengan memberikan hadiah sepatu baru kepada 2 peserta yang berani menjawab pertanyaan yang diberikan.

“Energi sangat penting untuk kehidupan kita, dengan kegiatan ini para adik-adik mengetahui bagaimana cara untuk menghemat energy. Semoga anak-anak di sini menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha, anak-anak yang cerdas, dan anak-anak yang selalu menghargai orang tua, guru dan agama,” ungkap Wali Kota dalam sambutannya.

Sebelum kelas energi dimulai peserta sudah dibagi menjadi 6 kelompok berdasarkan nama-nama sumber energi seperti Batu Bara ,Kincir Angin, Matahari, Panas Bumi, Bola Lampu, dan Hydroenergi. Para kelompok menunjukkan yel-yelnya masing-masing yang membuat suasana semakin meriah.

Pada kelas energi kali ini para peserta di masing-masing kelompok belajar mengenai sumber energi dengan dibagi menjadi 6 pos di antaranya pos 1 :  Mengelola Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan (Handycraft), Pos 2 : Mengenal Sumber Energi Batu Bara, Pos 3 :  Mengenal Pembangkit Listrik dan Distribusi Listrik ke Rumah-Rumah, Pos 4 : Mengenal dan Mengetahui Hydro Energi, Pos 5 : Mengenal dan Mengetahui  Olahan Migas, dan Pos 6 : Games Puzzle dan Perahu Othok.

Setelah asyik menimba ilmu di kelas energi para peserta diajak untuk refreshing sejenak dengan menonton film ‘12 Menit Untuk Selamanya’ di XXI Ewalk Balikpapan. Bercerita tentang grup Marching Band dari Bontang yang beranggotakan 130 anak sesuai dengan jumlah peserta acara, yang bermimpi untuk menjadi juara nasional dengan kegigihan dan semangat pantang menyerah dan dapat mewujudkan juara pertama. Seperti film tersebut, itulah yang ingin ditanamkan kepada para peserta. Bagaimana mereka diharapkan mampu mengejar mimpi dan menjadi orang yang besar suatu saat nanti.

Raffa salah satu peserta mengaku senang karena bisa belajar mengenai sumber energi dan bisa berkenalan dengan teman-teman lainnya.

“Merasa senang, awalnya malu-malu tapi pas sudah mulai jadi akrab dengan lainnya. Saya di sini belajar di masing-masing pos, masing-masing pos dapat hadiah yang saya bagikan ke teman-teman lainnya,” ujarnya.

“Saya mempelajari Batu Bara, banyak sekali keajaiban Batu Bara. Saya juga mempelajari tentang Listrik, Kincir Angin, Minyak Bumi dan PLTG. Setelah asyik belajar kami diajak untuk nonton film 12 menit, terharu sekali ketika menontonya semoga bisa menjadi motivasi saya untuk mengejar mimpi. Terima kasih PLN, KBM dan PKPU yang sudah mengajak saya dan teman-teman lain belajar dan bermain. Semoga dibanyakan rezekinya oleh Allah dan selalu diberikan kesehatan,” tandas Raffa. (***/LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!