OMG! PDP Covid 19 Kutim Bertambah Lagi

0 84

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Oh My God (OMG)! Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kutai Timur terus bertambah, sementara hasil rapid test 6 warga Muara Wahau dinyatakan positif Virus Corona atau covid-19

Meski total pasien positif Virus Corona atau covid 19, tetap pada angka 4 penderita dengan satu penderita sudah dinyatakan sembuh, namun angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Kutim terus bertambah.

Dari sehari sebelumnya, yakni Selasa (14/4/2020) berjumlah 15 orang, pada Rabu (15/4/2020) meningkat tajam menjadi 21 orang.

Penambahan ini menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani Hasanal, karena ada penambahan 6 warga Kecamatan Muara Wahau, yang sebelumnya merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP), kini meningkat statusnya menjadi PDP.

“Kemarin, delapan ODP dari Kecamatan Muara Wahau, dibawa ke RSUD Kudungga. Karena setelah isolasi mandiri selama 14 hari, menunjukkan gejala Covid 19. Merekapun diperiksa menggunakan rapid test. Hasilnya, enam dari delapan orang itu, positif. Karena satu dari enam orang, tidak menunjukkan gejala, kami minta isolasi mandiri di rumah. Sedangkan lima lainnya, karena ada gejala, kami isolasi di RSUD Kudungga Sangatta,” ungkap Bahrani, saat ditemui Rabu (15/4/2020).

Keenam warga yang hasil rapid testnya menunjukkan tanda positif, kata Bahrani, merupakan bagian dari kluster Gowa. 4 PDP merupakan suami istri dan dua laki-laki peserta ijtima lainnya.

“Jadi, peserta ijtima dari Gowa yang PDP di Kecamatan Muara Wahau, ada empat orang. Dua orang telah menularkan pada istri mereka, sehingga istrinya ikut dirawat dan diisolasi di rumah sakit,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Bahrani, saat ini tempat tidur yang tersedia untuk pelayanan isolasi Covid-19 di RSUD Kudungga Sangatta sudah penuh. Karena hanya dialokasikan 15 tempat tidur. Setelah bertambah lima PDP dari Kecamatan Muara Wahau.

“Kami sudah menyiapkan kamar cadangan jikalau terjadi penambahan PDP yang harus menjalani isolasi di rumah sakit. Namun, kalau penuh lagi, terpaksa kita khususkan RSUD Kudungga Sangatta, sebagai rumah sakit yang hanya melayani covid-19. Pasien lain, akan ditempatkan di rumah sakit swasta yang ada di Sangatta,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!