BREAKINGNEWS! 6 Awak Kapal Tenggelam Diselamatkan MV Shagar Shakti

Kapal Berangkat dari Berau Tujuan Bitung

0 250
DETAKKaltim.Com, MUARA BERAU : Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta melalui Kasi Ops dan Siaga Octavianto menyampaikan telah menerima informasi penyelematan terhadap 6 orang yang mengapung di Perairan Selat Makassar menggunakan Jerigen ataupun drum, Minggu (18/10/2020).

Informasi tersebut, kata Octavianto melalui keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com pada Pukul 17:33 Wita, diperoleh dari Captain MV Shagar Shakti, sebuah kapal pengangkut Batubara melalui email pada Pukul 12:51 Wita.

Pada  Pukul 13:22 Wita Captain MV Shagar Shakti menginformasikan sedang dalam proses evakuasi terhadap korban. Selanjutnya, pada Pukul 15:31 Wita korban dibawa ke arah Muara Berau untuk dilakukan evakuasi oleh Tim Rescue Unit SAR Samarinda dan Tim SAR gabungan Samarinda.

Berdasarkan data yang diterimanya, diketahui keenam korban masing-masing Kapten Kapal Suardi (49), Anak Buah Kapal (ABK) Sunur (36),  Risfandi Kasbian (21), Kasmin A Sarekat (22), Darmansyah (51), dan Meith Ronni Sambai (44).

Melansir informasi yang diterimanya, Octavianto menyampaikan kronologis kejadian Kapal pengangkut Minyak Kelapa yang digunakan para korban berangkat pada hari Jum’at (16/10/2020) Pukul 13:00 dari Pelabuhan Teratai – Muara Berau menuju Pelabuhan Bitung – Menado, mengalami cuaca buruk. Tinggi gelombang sekitar 3 meter disertai angin kencang.

Baca juga : BREAKINGNEWS! Tenggelam 4 Hari ABK Tanjung Pura XIX Ditemukan Meninggal

“Air masuk ke dalam kapal dan pompa air tidak mampu memompa air keluar kapal, sehingga kapal tenggelam,” jelas Octavianto.

Lebih lanjut Octavianto menjelaskan, keenam korban akan dijemput di Muara Badak dengan estimasi penjemputan diperkirakan sekitar Pukul 20:00 – 21:00 Wita.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam upaya mengevakuasi korban di antaranya  Unit Siaga SAR Samarinda, TNI AL Anggana, dan Pol Air Polda Kaltim. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!